KPK Segera Lelang Jabatan Deputi Penindakan

68

Jakarta, Tengokberita.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan proses lelang jabatan Deputi Penindakan pasca diangkatnya Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala BNN oleh Presiden Jokowi.

Juru bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan bahwa lembaga antirasuah tersebut akan segera menggelar proses seleksi dengan melibatkan pihak eksternal.

(baca: Ini Kepala BNN Pilihan Presiden Joko Widodo)

Sejumlah tahapan seleksi dilakukan oleh pihak eksternal. Pemilihan konsultan yang melakukan seleksi pun dilakukan berdasarkan proses lelang. Semua hal itu dilakukan agar pejabat di KPK yang terpilih benar-benar seseorang yang memiliki kemampuan yang baik dengan integritas yang kuat,” ujar Febri kepada wartawan, Jumat (2/3/2018).

Febri menjelaskan nantinya para calon Deputi Bidang Penindakan akan melewat beberapa rangkaian seleksi.

Ada sejumlah tahapan seleksi yang harus dilalui dalam rekruitmen pegawai dan pejabat di KPK, yaitu: tes potensi, tes bahasa, asesmen kompetensi, tes kesehatan dan wawancara dengan pimpinan KPK. Selain itu, ada proses background check juga yang dilakukan untuk memastikan calon pejabat tersebut memang memiliki latar belakang yang tepat,” papar Febri.

Mantan aktivis ICW tersebut juga mengatakan bahwa calon Deputi Bidang Penindakan rencananya akan berasal dari Polri, Kejaksaan, dan juga untuk pegawai internal KPK.

Seluruh calon nanti akan diseleksi dengan standarisasi dan proses yang sama,” tutup Febri. (wap)

Bagaimana menurut pembaca?