KPK Segera Seret Setya Novanto ke Pengadilan

KPK Tangguhkan Pemeriksaan Setya Novanto

Jakarta, Tengokberita.com – Kehidupan Setya Novanto akan memasuki babak baru. Ketua DPR RI yang selama ini dikenal sebagai ‘orang sakti’ itu akan segera duduk sebagai pesakitan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) guna mempertanggungjawabkan seluruh perbuatannya secara hukum di hadapan majelis hakim.

Berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-E berbasis NIK periode 2011 – 2012 yang merugikan keuangan negara Rp2,3 trilun dengan tersangka Setya Novanto sudah dilimpahkan KPK ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dan dinyatan P-21 alias lengkap.

Dengan demikian, Ketua Umum Partai Golkar itu akan segera diseret ke meja hijau dan duduk di kursi pesakitan.

(baca: Ditolak Jenguk Novanto, Frederich: KPK Lecehkan Hak Tahanan)

Ihwal ini diungkap juru bicara KPK Febri Diansyah. “Perkembangan proses penyidikan kasus KTP-E dengan tersangka SN sudah selesai dan dinyatakan lengkap atau P-21,” kata Febri Diansyah ketika dikonfirmasi Tengokberita.com, Rabu (6/12/2017) pagi.

Febri belum secara tegas menyatakan kapan pihaknya menyerahkan tersangka Setya Novanto ke JPU. “Aspek formil penyerahan tersangka dan berkas ke JPU akan diproses lebih lanjut,” kata Febri.

Langkah penyidik KPK yang ekstra cepat dalam menyelesaikan berkas perkara atas nama Setya Novanto ini, menutup ruang gerak Setya Novanto untuk kembali berlaga di persidangan praperadilan yang kini tengah digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. (wap/has)

Bagaimana menurut pembaca ?