Laga Hidup Mati Chelsea di Kandang Barcelona

85

Barcelona, Tengokberita.com– Chelsea akan menghadapi Barcelona pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Rabu (14/3/2018) atau Kamis dini hari. Ini adalah pertandingan hidup mati dua raksasa sepakbola eropa. Terlebih bermain di Camp Nou, selalu menyulitkan The Blues.

Chelsea kalah terakhir dari Barcelona di Camp Nou pada 23 Februari 2005. Ketika itu, Blaugrana menang dengan skor 2-1. Lalu, empat pertandingan selanjutnya, Chelsea tak pernah menang atau selalu bermain imbang bila bermain di markas Barcelona.

Sebaliknya, statistik Barcelona sedang membaik. Barca sedang mendapatkan hasil memuaskan di pentas domestik (La Liga). Empat pertandingan terakhir, Lionel Messi dan kawan-kawan tak pernah menelan kekalahan. Barca hanya sekali tampil kurang baik yakni saat ditahan imbang Las Palmas 1-1.

Karena itu hingga sekarang Barcelona masih memimpin klasemen sementara dengan mengemas 72 poin atau unggul delapan poin dari pesaing terdekat Atletico Madrid.

Sementara Chelsea, agak kesulitan memperbaiki posisi di klasemen Liga Primer. Tim asuhan Antonio Conte menelan dua kekalahan dalam empat pertandingan terakhir di liga domestik. Dua pekan terakhir berturut-turut, pasukan Antonio Conte dihajar Man United 1-2 dan Man City 0-1. Meski kemudian bangkit saat menang lawan Crystal Palace 2-1

Artinya, meski bermain di kandang sendiri, Barcelona harus tetap waspada dengan ancaman serangan balik yang kerap dilakukan Chelsea. Belajar dari pengalaman leg pertama, gelandang Chelsea kemungkinan akan melakukan sepakan keras dari luar kotak penalti apabila mendapatkan ruang tembak.

Pada pertandingan nanti, Chelsea, tidak boleh melakukan blunder. Sebab, sedikit saja melakukan kesalahan, maka Barcelona bisa menjadi mimpi buruk bagi Chelsea.
Pengalaman pertemuan di Stamford Bridge, harus menjadi pelajaran bagi Chelsea. Unggul lewat gol Willian, justru harus puas bermain imbang 1-1 karena Lionel Messi mampu mengoyak gawang Thibaut Courtois.

Gol ini bermula dari blunder bek Chelsea yang salah memberikan umpan, sehingga bola berhasil direbut Andres Iniesta dan umpan mendatarnya mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Lionel Messi.

Baik Barcelona maupun Chelsea sama sama dibekap cedera pemain. Iniesta yang menjadi pemain kunci pada leg pertama dikabarkan belum tentu dimainkan oleh Barcelona. Entrenador Ernesto Valverde akan menyiapkan Paulinho dan Ivan Rakitic untuk membantu lini tengah. Bek kanan Nelson Semedo mulai berlatih dan berpotensi dimainkan oleh Valverde.

Lionel Messi kemungkinan siap dimainkan. Pemain timnas Argentina ini akan ditandem bersama Luis Suarez yang akan menjadi senjata andalan Barcelona untuk membongkar lapisan pertahanan Chelsea.

Sebaliknya dari pihak Chelsea tercatat ada tiga pemain yang kemungkinan absen yakni Ross Barkley, Tiemoue Bakayoko, dan David Luiz. Chelsea sudah menyiapkan pengganti yakni Antonio Rudiger, Andreas Christensen, dan Cesar Azpilicueta.
Antonio Conte sepertinya masih akan menempatkan Eden Hazard sebagai ujung tombak dengan dukungan Willian, Pedro Rodriguez, dan Cesc Fabregas.

Namun menghadapi Barcelona di Camp Nou bukan perkara gampang. Karena Barcelona belum terkalahkan di Camp Nou sepanjang musim ini di pentas La Liga maupun di Liga Champions. Tetapi dalam sepakbola tak ada yang tidak mungkin. Keperkasaan Barca jika bermain di kandangnya bisa saja kandas di tangan Chelsea.

Bagi Barca, hasil imbang tanpa gol sudah memastikan mereka lolos karena memiliki modal gol tandang. Namun, hasil imbang sangat berisiko sehingga Barca dipastikan bermain agresif. Sedangkan Chelsea juga dituntut untuk membuat gol karena jika tak mampu menjebol gawang tuan rumah, mereka dipastikan gagal ke babak perempat final. (rot)

Prakiraan susunan pemain:

Barcelona: Stegen, Alba, Umtiti, Pique, Roberto, Iniesta, Busquets, Rakitic, Paulinho, Messi, Suarez

Chelsea: Courtois, Azpilicueta, Christensen, Rudiger, Moses, Kante, Fabregas, Alonso, Willian, Pedro, Hazard

Head to Head:
21/2/2018: Chelsea 1 – 1 Barcelona
29/7/2015: Chelsea 2 – 2 Barcelona
25/4/2012: Barcelona 2 – 2 Chelsea
19/4/2012: Chelsea 1 – 0 Barcelona
07/5/2009: Chelsea 1 – 1 Barcelona

Bagaimana menurut pembaca?