Home » News » Olahraga » Bola » Leg Kedua Final Piala AFF, Sejarah Untungkan Indonesia
timnas indonesia

Leg Kedua Final Piala AFF, Sejarah Untungkan Indonesia

Bangkok, Tengokberita.com – Perjalanan tim nasional (Timnas) Indonesia memburu gelar Piala AFF 2016 mendekati babak akhir. Sejarah gelaran ini membuktikan, sejak menggunakan sistem home and away, tim yang meraih kemenangan di leg pertama akan keluar sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.

Boaz Solossa dan kawan-kawan meraih kemenangan 2-1 pada leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Kemenangan itu membuat Indonesia memiliki peluang memupus dahaga gelar selama 20 tahun di pesta tertinggi sepak bola Asia Tenggara tersebut.

Semua tim yang melaju ke final dan memenangkan laga leg pertama, secara sejarah mempunyai peluang besar menjuarai ajang ini. Sejarah dimulai pada 2004, saat Singapura menjadi juara untuk kali kedua di Piala AFF dengan mengalahkan Indonesia.

Singapura yang meraih kemenangan 3-1 pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, mengunci gelar juara setelah menundukkan skuad Merah Putih pada leg kedua dengan skor 2-0 di National Stadium, Kallang.

(Baca : Riedl Belum Tentukan Pengganti Andik )

Singapura melanjutkan tradisi dengan mengubur mimpi Thailand setelah mengawali kemenangan pada leg pertama dengan skor 2-1 di National Stadium, Kallang. Kemudian menahan imbang The War Elephants 1-1 di Suphachalasai Stadium, Bangkok.

Pada 2008, giliran Vietnam yang melanjutkan tradisi pemenang laga pertama final menjadi juara. Mengawali pertandingan di kandang Thailand di Rajamangala, Stadium. Tim berjuluk The Golden Stars sukses mencatat kemenangan 2-1, sebelum kemudian bermain imbang 1-1 di My Dinh National Stadium.

Malaysia melakukannya pada 2010 dengan mengalahkan Indonesia di leg pertama (3-0) dan menjadi juara meski kalah 1-2 pada pertandingan kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tradisi tersebut berlanjut pada 2012 dan 2014 oleh Singapura dan Thailand. Singapura menjadi juara kali keempat setelah menang 3-1 pada leg pertama, dan kalah 0-1 dari Thailand.

Sementara Thailand menjadi juara pada 2014 dengan cara menundukkan Malaysia 2-0 di leg pertama, dan kalah 2-3 pada pertandingan kedua. Fakta lain, Thailand justru tidak menjadi juara saat Teerasil Dangda mencatatkan namanya sebagai top skor turnamen.

Dengan enam gol yang sudah dimiliki sekarang, Dangda bisa disebut sebagai top skor di Piala AFF 2016. Pada saat Dangda menjadi top skor Piala AFF 2012 dan 2008, The War Elephants justru gagal menjadi juara.

Thailand menjadi kampiun saat Dangda tidak masuk dalam daftar 23 pemain di Piala AFF, tepatnya pada 2014. Namun, Riedl tak mau menganggap jika timnya sudah di atas angin.

“Kami tahu itu akan menjadi sangat sulit, tapi kami ingin membuat sejarah dan menang ini untuk pertama kalinya,” kata Riedl, yang sudah merasakan atmosfer di Piala AFF sejak 1998.

Gelandang timnas Manahati Lestusen menganggap pencapaian Indonesia ke final sudah luar biasa. Menurutnya, hasil yang diraih sekarang tak lepas dari peran dukungan suporter. Dia juga menganggap dukungan puluhan ribu pendukung yang memadati Stadion Pakansari memberikan peran penting dalam mengalahkan Thailand.

“Tanpa mereka, kami tidak akan sampai di sini, selangkah lagi menjadi juara,” kata pemain yang bisa bermain di beberapa posisi berbeda ini.

Pemain tengah Stefano Lilipaly mengatakan, Indonesia sudah memperlihatkan sebagai tim yang bagus, meski Thailand baik. Fano—sapaan Stefano Lilipaly, siap bertarung habis-habisan untuk mendapatkan gelar juara Piala AFF.

Dia berharap timnas bisa bermain lebih bagus dan membawa kemenangan. “Setiap laga, kami mencetak dua gol. Semoga kami melakukannya lagi di Thailand,” kata gelandang kelahiran Arnhem, Belanda tersebut.

Sementara itu, striker timnas Thailand, Teerasil Dangda mengatakan bahwa timnya memiliki modal bagus karena mencetak gol tandang. Gol tersebut diciptakan Dangda pada menit ke- 32 sebelum dibalas Indonesia melalui Rizky Pora (65) dan Hansamu Yama (70). “Kami mencetak gol tandang penting,” kata Teerasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Sore Ini Timnas Indonesia Akan Ladeni Thailand

Jakarta, Tengokberita.com – Tim Nasional Indonesia U-19 akan bertemu Thailand di babak semifinal Piala AFF ...

Leg Kedua Final Piala AFF, Sejarah Untungkan Indonesia

Tengok Berita red Berita Hari ini: 2 min
0