Home » News » Hiburan » Selebriti » Leo Kristi Menelurkan Album di Usia 65 Tahun
leo kristi, meninggal, musisi

Leo Kristi Menelurkan Album di Usia 65 Tahun

Jakarta, Tengokberita.com – Musik bagi Leo Kristi adalah perjalanan spiritualitas. Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 8 Agustus 1949 ini tak pernah berhenti dalam berkarya di jalur musik.

Di usianya yang tak lagi muda, 65 tahun lebih, pria bernama asli Leo Imam Sukarno ini merilis album Hitam Putih Orche (2015). Ada satu tembang lawas dan satu lagu anyar dalam album tersebut. Sepanjang hajatnya, Leo Kristi sudah merilis 13 album.

Inilah album terakhir dari Sang Troubadour Indonesia, yang proses rekamannya dilakukan di Yogyarakarta. Orche adalah kepanjangan dari orchestra. Album itu memang digarap dengan iringan musik orkestra, sebuah keinginan Leo sejak lama.

Sejak memisahkan diri dari Lemon Trees, band yang dibentuknya bersama Gombloh dan Fraknky Sahilatua, Leo sempat menelurkan Serenada Pagi (1971) sebagai single pertamanya. Lalu pada 1975, ia mendirikan kelompok musik jalanan Konser Rakyat Leo Kristi (KRLK). Dan bersama KRLK inilah, Leo menelurkan 13 album hingga Sang Khalik memanggilnya.

Album-album Leo Kristi bersama KRLK adalah Nyanyian Fajar (1975), Nyanyian Malam (1976), Nyanyian Tanah Merdeka (1977), Nyanyian Cinta (1978), Nyanyian Tambur Jalan (1980), Lintasan Hijau Hitam (1984), Biru Emas Bintang Tani (1985) yang gagal beredar, Deretan Rel Rel Salam Dari Desa (1985, aransemen baru), (Diapenta) Anak Merdeka (1991), Catur Paramita (1993), Tembang Lestari (1995, direkam pada CD terbatas), Warm, Fresh and Healthy (17 Desember 2010), dan terakhir album Hitam Putih Orche (2015).

Meski terbilang banyak menelurkan album, toh Leo Kristi tak begitu peduli dengan pasar. Bagi Leo, rekaman kabarnya lebih merupakan paket dokumentasi perkembangan musiknya ketimbang fulus.

Usianya sudah 67, untuk pemusik biasa mungkin sudah lewat masa. Tapi buat Leo Kristi rasanya terlalu cepat. Masih banyak yang mau dan ingin dibuatnya,” kata Punto Kumuro Kertopati, sahabat dan penggemar yang aktif tergabung dala wadah L’Kers, komunitas penggemar Leo Kristi. (has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Alasan Engku Emran Nikahi Laudya Cynthia Bella

Kuala Lumpur, Tengokberita.com-Artis cantik Laudya Cynthia Bella telah resmi dinikahi Engku Emran pada Jumat (8/9/2017). ...

Leo Kristi Menelurkan Album di Usia 65 Tahun

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0