Mau Diperiksa KPK Besok, Fredrich Berulah dan Berdalih

FREDRICH YUNADI

Jakarta, Tengokberita.com – Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, tampaknya tidak akan memenuhi panggilan penyidik KPK, Jumat (12/1/2018). Pria berkumis tebal yang pernyataan-pernyatannya saat menjadi pengacara Setya Novanto selalu kontroversial tersebut berdalih bahwa Komisi Pengawas Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) lebih berhak melakukan pemeriksaan atas dirinya ketimbang KPK.

Karena itu, lewat kuasa hukumnya, Sapriyanto Refa, Fredrich meminta agar pemeriksaan atas dirinya oleh KPK yang dijadwalkan Jumat besok, ditunda. Sapriyanto beralasan Fredrich sebaiknya diperiksa terlebih dahulu oleh Komisi Pengawas Peradi ketimbang diperiksa KPK.

(baca: KPK Cegah Fredrich dan Hilman Bepergian ke Luar Negeri)

Kami meminta kepada Komisi Pengawas Peradi untuk melakukan pemeriksaan terhadap Pak Fredrich. Apakah dalam pasal profesi yang dia lakukan sebagai kuasa hukum Pak Setya Novanto ada atau tidak pelanggaran kode etik yang telah dilakukannya?” kata Sapriyanto di Gedung KPK, Kamis (11/1/2018).

Sapriyanto menjelaskan, kliennya tetap bersikukuh bahwa dirinya sesuai dalam koridor hukum saat mendampingi Setya Novanto dalam kasus korupsi KTP-E. Sehingga kliennya meminta agar dirinya terlebih dahulu diproses di lingkup pengawas internal advokat sebelum diperiksa KPK.

Berangkat dari alasan tersebut, Sapriyanto belum dapat memastikan kedatangan kliennya Jumat (12/1/2018) besok. Ia menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Fredrich.

Kami hanya melakukan upaya bagaimana pemeriksaan bisa ditunda. Alasan kami bisa dipertanggungjawabkan. Lalu apakah pak Fredrich bisa hadir atau tidak, itu akan kembali ke Pak Fredrich,” Sapriyanto menambahkan. (wap)

Bagaimana menurut pembaca?