MBCIRC 2018 Siap Digelar, Ini Regulasinya

146

Jakarta, Tengokberita.com-Mercedes Benz Club Indonesia Race Championship (MBCIRC) siap menyambut seri pertama kejuaraan balap mobil terbesar di Tanah Air, Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2018 yang akan digelar pada 24-25 Maret 2017 di Sentul International Circuit.

Karena itu, MBCIRC melansir regulasi 2018 sekaligus mulai membuka pendaftaran untuk seri perdana ISSOM 2018 dalam acara perkenalan regulasi MBCIRC 2018 Minggu (4/3/2018) lalu di salah satu restoran di kawasan Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Promotor MBCIRC Iswachyudhi Abdurrahman mengatakan, animo peserta yang cukup tinggi pada tahun ini maka pihaknya melakukan penyempurnaan regulasi demi keselamatan dan keamanan peserta di lintasan, antara lain:penggunaan roll cage crossbar yang tahun lalu masih dihimbau tapi tahun ini sudah diwajibkan, begitu pun dengan polycarbonate, plat fiber dan lain-lain. Di samping itu ada penambahan kelas yaitu SC 6 atau kelas Elegance, dimana klasifikasi mengacu pada jumlah CC serta system supply bahan bakar (carburator atau injection), dengan catatan waktu lebih lambat dari 1 menit 56 detik/lap.

Begitu juga dengan kelas Star of Fifty yang diperuntukkan bagi pebalap yang berusia 50 tahu keatas. “Karena banyak pebalap yang berusia diatas 50 tahun sehingga kami buat kelas khusus Star of Fifty agar persaingan seimbang,” ujar pria yang akrab disapa Yudi ini.

Pebalap nasional Jimmy Lukita, yang hadir sebagai pemilik bengkel yang memback up salah satu tim balap peserta MBCIRC yaitu Landy Land mengatakan bahwa musim balap tahun ini lebih panjang yakni 7 seri maka pihaknya mempersiapakan segala sesuatunya lebih matang demi meningkatkan performa tim. “Kami juga akan tampil dengan livery dan body kit baru”, kata dia.

Pebalap pemula Arie Aumos mengatakan bahwa regulasi baru itu tak banyak berdampak pada kelas yang dia ikuti, namun ia merasa lebih safety dengan aturan-aturan keselamatan baru tersebut.

Saya mempersiapkan mobil saya untuk musim balap 2018 lebih serius karena ada beberapa pebalap pendatang baru di kelas saya, namun justru akan menjadi penambah semangat saya buat lebih baik,” ungkap pebalap yang baru turun mengikuti ISSOM tersebut.

Kegiatan kali ini dihadiri oleh Presiden Mercedes Benz Club Indonesia (MBCI) Idham Adnan Syewked, para pebalap peserta MBCIRC dan beberapa pebalap nasional seperti Jimmy Lukita dan Andi Barata.(pink/rot)

Bagaimana menurut pembaca?