Home » News » Hiburan » Agar Masakan Indonesia Mendunia
hari kemerdekaan, plaza indonesia, kuliner

Agar Masakan Indonesia Mendunia

Jakarta, Tengokberita.com – Sedah menjadi rahasia umum, bagaimana bumi Nusantara sangat kaya akan kuliner. Namun masakan Indonesia jauh kalah tenar dibanding masakan dari negara lain. Jika menyebut masakan Asia maka yang terbanyak di benak orang adalah masakan Cina, Thailand atau Vietnam.

Jumlah masakan Indonesia yang sudah mendunia pun bisa dihitung jari, seperti rendang yang diakui CNN sebagai masakan terenak di dunia, soto atau nasi goreng. Lainnya mungkin masih terasa asing di telinga konsumen, bahkan di kalangan orang Indonesia sekalipun.

Menurut cheff kenamaan yang juga seorang food writer, Petty Elliot, hal ini karena begitu beragamnya masakan Indonesia.

Sulit untuk menentukan masakan apa yang paling berhak mewakili masakan Indonesia,” ujarnya saat ditemui di sela pembukaan Festival Seni dan Kuliner di Plaza Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain itu, Petty juga melihat food diplomacy yang dilakukan pemerintah masih sangat kurang. Bandingkan dengan Thailand, ujarnya, yang pemerintahnya tak pernah lelah mengenalkan masakan dan rempah lokalnya kepada dunia. Industri makanan yang masih dalam skala kecil (home industry) menjadi kendala lainnya.

(Baca : Di Sini Surganya Para Pecinta Salad )

Namun demikian menurut Petty yang telah keliling Indonesia demi mengenalkan kuliner Indonesia ke kancah global ini, beberapa tahun ini sudah ada kemajuan menggembirakan terkait upaya menduniakan masakan Indonesia.

Langkah ini, menurutnya, awalnya banyak ditemukan di Bali dan sejumlah tempat yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Berbagai kelas memasak yang digelar di lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara itu, sangat membantu masakan Nusantara go international.

Perempuan berdarah manado ini juga merujuk, kini kian banyaknya restoran di kota-kota besar di Indonesia yang mencoba mengangkat masakan tradisional Indonesia kepada pengunjungnya.

Ini perkembangan yang sangat menggembirakan, meski perlu dipush lagi,” ujarnya.

Di akhir perbincangan kami, Petty menekankan potensi wisata kuliner Indonesia yang sangat besar ini sangat sayang untuk disia-siakan. Untuk itu ia mengajak para chef di Indonesia untuk selalu mencari inovasi baru untuk menciptakan cita rasa masakan Nusantara yang otentik.

Kalau perlu pemerintah mendorong pembukaan restoran Indonesia di luar negeri secara massal,” pungkasnya. (emu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

genta nada, wind chimes, musik

Genta Nada, Hasil Eksperimen Madjid Selama 6 Tahun (2)

Jakarta, Tengokberita.com – Di balik keanggunan dan kemerduan aneka nada etnik yang dihasilkan dari lonceng ...

Agar Masakan Indonesia Mendunia

Tengok Berita red Berita Hari ini: 1 min
0