Menikmati Lezatnya 40 Rempah Coto Makassar

77

Jakarta, Tengokberita.com-Bagi anda yang menyukai makanan soto, ada baiknya jika mencoba Coto Makassar atau Coto Mangkasara, makanan tradisional khas Makassar. Coto Makassar umumnya terbuat dari ‘jeroan’ sapi yang direbus dalam waktu yang relatif lama.

Rebusan ‘jeroan’ yang dicampur daging sapi itu lantas diiris-iris dan dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Bahkan, coto makassar itu paling tidak memerlukan 40 macam rempah agar rasanya benar-benar sedap. Orang Makassar menyebutnya ‘Ampah patang pulo’, yakni berisi aneka bumbu, antara lain: bawang merah, bawang putih, cabai, lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, foeli, cengkeh, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, daun bawang, daun bawang prei, lengkuas, jahe, asam, garam, gula, kayu manis, tauco, kacang tanah, irisan daun bawang dan bawang goreng, serta perasan jeruk nipis yang dicampurkan pada saat akan dihidangkan. Coto Makassar biasanya dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu atau bisa juga dimakan dengan nasi.

Menurut wikipedia, coto makassar sudah ada sejak masa Kerajaan Gowa pada abad ke-16. Hidangan coto bagian daging sapi sirloin dan tenderloin disajikan untuk kalangan keluarga kerajaan. Sedangkan bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan. Namun, sejalan dengan perkembangan zaman, coto Makassar sudah bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan sudah menyebar di beberapa wilayah Indonesia. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?