Mobil Golf Pun Hadir di Sirkuit Balap Sentul

Mobil golf (golf car) juga digunakan di sirkuit balap sentul. Bentuknya yang kecil dan tanpa pintu plus ramah lingkungan, jadi kendaraan yang banyak digunakan di sirkuit. (Foto: Pipink/Tengokberita.com)

Jakarta, Tengokberita.com – Golf identik dengan olahraga masyarakat kelas atas. Tak ada yang murah dalam olahraga yang satu ini. Mulai dari peralatan plus segala asesorisnya, fasilitas pendukung, hingga lapangan olahraganya itu sendiri yang dibangun khusus dengan lahan berhektar-hektar hanya untuk menempatkan 9 lubang atau 18 lubang.

Tak heran bila para pemain golf adalah kalangan pejabat, pengusaha, selebriti, dan orang-orang kalangan berduit lainnya. Meski ada pula satu dua pemain golf handal yang justru berasal dari caddy, asisten yang suka membantu membawakan perlatan para pemain golf.

Golf Car di lapangan balap sirkuit Sentul

Fungsi golf kemudian tak sekadar olahraga. Golf kemudian jadi ajang lobi bisnis. Bahkan dari olahraga yang mengayunkan stick pada sebuah bola kecil ini muncul istilah bahwa bisnis berawal dari di lapangan golf.

Pemain legendaris seperti Arnold Palmer, Jack Nicklaus dan Tiger Woods telah membawa golf dari sebuah olahraga menjadi permainan yang semakin populer dinikmati kalangan atas dan pensiunan kaya. Hal ini membuat seluruh lingkungan yang dibangun di sekitar lapangan golf tersebut menjadi eksklusif dan mahal.

Golf Car model Hummer

Salah satu alat pendukungnya yang beberapa tahun terakhir ini mulai populer dan menjadi tren adalah golf car. Mobil kecil ini dirancang khusus untuk olahraga golf. Cuma ada dua bangku di depan, bagian belakang bak terbuka untuk menaruh aneka perlengkapan golf yang memang cukup berat.

Tak ada pintu maupun jendela, guna memudahkan pemain golf yang biasanya sekaligus merangkap pengemudi, bisa keluar masuk kendaraan. Kendaraan ini dibuat sebagai alat transportasi para pemain golf sekaligus alat angkut perlengkapan golf.

Golf Car model mobil klasik

Perlengkapan golf yang terdiri atas sejumlah stick yang nyaris seluruhnya terbuat dari bahan logam ini, memiliki bobot yang cukup berat. Karena itu olahraga golf melahirkan profesi caddy, orang yang tugasnya membantu pemain dalam membawa peralatan golf dari satu lubang ke lubang lainnya.
Dulu, pemain golf harus berjalan dari satu lubang ke lubang berikutnya. Jarak satu lubang dan lubang lain tak ada yang dekat, bisa ratusan meter. Bisa dibayangkan, betapa lelahnya sang caddy jika permainan golf berakhir dengan 9 lubang dan 18 lubang.

Nah kehadiran golf car, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Golf car pun langsung booming.

Golf Car model Mercedez-Benz

Tetapi di kemudian hari, mobil kecil itu tak lagi hanya digunakan di lapangan golf. Mobil ini juga sudah banyak wara-wiri di tempat lain seperti bandara, pabrik, mall, kompleks perumahan, bahkan di sirkuit balapan. Bentuknya yang kecil dan dirancang tanpa pintu dan jendela, menjadi alat mobilisasi favorit untuk jarak pendek.

Popularitas mobil golf ini semakin meningkat karena sumber tenaga mobil kecil ini tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) melainkan tenaga baterai atau listrk. Jadi mobil ini ramah lingkungan.

Belakangan model yang tersedia semakin variatif sesuai kebutuhan bahkan lebih ekstrim lagi mobil golf didesain dan dimodif mirip seperti mobil asli dengan menambah kapasitas angkut dan tenaga, serta tambahan asesoris penggunaan sistem audio & TV, jok racing dan pemakaian velg racing, ban lebar dan lain-lain.

Meski berukuran kecil dan tak dilengkapi dengan pintu dan jendela, soal harga…hmmm…ternyata lumayan menguras kocek juga. Harga per unit mobil ini bervariasi antara Rp150 juta sampai Rp400 juta tergantung tahun keluaran, model, dan tipenya. (pink)

Bagaimana menurut pembaca ?