Panglima TNI Baru Harus Perhatikan Konflik Ini

Jakarta, Tengokberita.com – Proses pengangkatan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI tinggal menunggu waktu. Pasalnya yang bersangkutan telah disetujui oleh DPR. Jika sudah dilantik maka yang harus diperhatikan oleh Panglima TNI adalah masalah konflik teritorial.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan hal yang harus diperhatikan oleh Panglima TNI kedepan adalah soal memperkuat pertahanan dalam menghadapi konflik teritorial. Apalagi, isu-isu makin meluasa akibat globalisasi.

Kita lihat di Laut China Selatan, kemudian separatisme dan berbagai isu-isu lain yang mungkin di luar satu ancaman konvensional, dan sekarang ini semakin banyak di era globalisasi, asimetris warfare, dan lain-lain,” kata Fadli di Komplek Parlemen, Kamis (7/12/2017).

(baca:DPR: Hasil Tes Calon Panglima TNI Memuaskan)

Sementara itu, setelah disetujui oleh DPR, untuk pelantikan Panglima TNI yang baru sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah.

“Saya pikir itu hak dari pemerintah, tapi sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Gatot itu juga ingin ada proses yang cepat. Itu tidak ada masalah, artinya kalau dilakukan setelah ada persetujuan dari DPR itu tidak ada masalah,” ujar Fadli.

Fadli juga mengapresiasi kerja Gatot sebagai Panglima TNI. Dengan keberhasilan Gatot dalam memimpin TNI, diharapkan agar hal-hal yang baik dari kepemimpinannya dapat diteruskan oleh Panglima yang baru.

“Pak Gatot bagus memimpin TNI dengan baik, membawa kekompakan dalam TNI, dan kita berharap yang baik diteruskan dan yang dianggap kurang tidak diteruskan. Tapi banyak hal yang baik dan perlu diteruskan,” pungkas dia. (nug)

Bagaimana menurut pembaca ?