Home » News » Negara » Politik » Pengamat: Caleg Artis, Bukti Partai Gagal Lakukan Kaderisasi

Pengamat: Caleg Artis, Bukti Partai Gagal Lakukan Kaderisasi

Jakarta, Tengokberita.com – Menjelang Pemilu legislatif fenomena politisi dadakan menghiasi kancah perpolitikan di Indonesia. Sebagian besar mereka hanya mengandalkan popularitas untuk menyalurkan hasrat politiknya. Fenomena ini adalah bukti bahwa proses kaderisai di partai politik tersebut gagal.

Saya katakan Parpol itu gagal. Seharusnya dari awal Parpol itu punya desain siapa yang harus dijadikan caleg dan siapa yang maju jadi calon kepala daerah. Tidak tiba-tiba mencalonkan orang yang tak berkeringt di partainya,” ujar Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Untirta Banten, Suwaib Amiruddin kepada Tengokberita.com, Jumat (8/9/2017).

(Baca: Pecat Kadernya, Golkar Dinilai Belum Dewasa Berpolitik)

Menurutnya, dia memang melihat ada tiga kecenderungan Parpol dalam memilih calon-calon legislatifnya itu. Pertama, calon yang memiliki popularitas tinggi, kedua mempunya kemampuan finansial atau uang dan ketiga memiliki jumlah pemilih atau basis massa yang banyak. “Sekarang kecenderungan partai politik seperti itu,” ujar Suwaib yang juga pengajar di Universitas Sahid Jakarta ini.

Padahal, hal semacam itu makin menegaskan bila mereka gagal dalam melakukan proses kaderisasi tersebut.
Sebaiknya, seorang calon legislatif maupun calon kepala daerah itu diambil dari fungsionaris partai yakni mereka yang berada dalam struktur partai, kemudian kader partai dan terakhir simpatisan partai. “Kalau cara ini yang dilakukan maka proses kaderisasi itu akan berjalan dengan baik,” ucap dia. (rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Tunjuk Ridwan Kamil, DPD Golkar Jabar Akan Melawan

Purwakarta, Tengokberita.com– Surat rekomendasi DPP Partai Golkar yang menetapkan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai ...

Pengamat: Caleg Artis, Bukti Partai Gagal Lakukan Kaderisasi

Tengok Berita redaksi Berita Hari ini: 1 min
0