Home » News » Kasus » Penyelundup 5 Kontainer Miras Terancam Bui 5 Tahun dan Denda Rp530 Miliar
miras, penyelundupan

Penyelundup 5 Kontainer Miras Terancam Bui 5 Tahun dan Denda Rp530 Miliar

Jakarta, Tengokberita.com – Sanksi hukum berat telah menanti para penyelundup 5 kontainer minuman keras (miras). Mereka terancam hukuman penjara paling rendah lima tahun dan denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai.

Ancaman hukuman bagi tiga pelaku penyelundup 5 kontainer miras aneka merek dari Singapura ini diungkap Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi.

Barang bukti penyelundup miras

Para pelaku dapat dikenakan dua Undang-undang sekaligus. Pertama Pasal 54 jo Pasal 29 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Keduam, Pasal 102 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan,” kata Heru Pambudi saat acara jumpa pers penggagalan penyelundupan miras dari Singapura ke Indonesia di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/9/2017).

Jika mengacu pada kedua Undang-Undang tersebut, pelaku dapat dipidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar sebagaimana diatur dalam UU No 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

Selain itu, berdasarkan UU No 17 Tahun 2006, kedua pelaku bisa juga terkena pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

(Baca: Penyelundupan 42 Jenis Miras Asal Singapura Digagalkan Petugas)

Saat ditanya apakah para pelaku dapat dikenakan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Heru menjelaskan bahwa pihaknya masih mendalami.

Belum tahu, kasus ini masih dalam proses pemeriksaan. Apabila hasil dari pemeriksaan menunjukkan bahwa mereka melanggar Undang-Undang itu, pasti akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku,” Heru menegaskan.

Pada acara sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis mengatakan, kasus penyelundupan 5 kontainer miras dari Singapura tersebut berpotensi merugikan negara sebesar Rp80 miliar.

Nilai minuman keras yang disita 26,3 Miliar dan Kerugian pajak dari minuman keras sebesar 53,9 miliar,” ujar Kapolda Metro Jaya.

Merujuk potensi kerugian yang disebut Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, maka denda yang harus dibayar pelaku penyelundup 5 kontainer miras dari Singapura tersebut sesuai UU Cukai adalah sebesar paling banyak Rp530 miliar. (wap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Maling Koper di Bagasi Pesawat Jadi Viral

Jakarta, Tengokberita.com-Hati-hati jika menaruh barang berharga di bagasi pesawat. Pasalnya, tangan-tangan jahil masih berkeliaran. Dalam ...

Penyelundup 5 Kontainer Miras Terancam Bui 5 Tahun dan Denda Rp530 Miliar

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0