Perlukah Goyang Mobil Saat Isi Bensin?

60

Jakarta, Tengokberita.com– Mungkin hanya di Indonesia bisa kita jumpai saat mengisi bensin di SPBU terlihat pemandangan yang cukup aneh dan lucu. Tak hanya pengendara mobil, banyak pula pengendara motor melakukan hal yang sama. Apa itu? Menggoyang-goyangkan kendaraannya. Kebanyakan dari mereka mungkin menganggap hal itu dilakukan agar bensin dapat masuk ke semua ruang tangki sehingga bisa terisi lebih banyak atau penuh.

Ide untuk menggoyangkan mobil agar tangki terisi penuh bisa saja mereka dapatkan karena sering melihat orang lain melakukan hal semacam itu, kemudian diikuti tanpa pernah memikirkannya.  Inilah bukti bahwa masyarakat kita banyak yang suka latah melakukan hal-hal yang dilakukan orang lain tanpa mereka pahami mengapa hal tersebut harus dilakukan.

Secara fisika, nyaris tak ada perbedaan yang signifikan antara mengisi bensin tanpa digoyang dengan mengisi bensin dengan cara digoyang. Jelas sekali mereka tidak tahu bahwa sifat zat cair seperti bensin akan turun dengan sendirinya dan selalu mencari tempat yang lebih rendah serta mengisi seluruh rongga di setiap ruang yang kosong.

Apalagi kekentalan bahan bakar relatif rendah bila dibandingkan dengan air, yaitu bensin 0,006 poise dan air 0,01 poise sehingga mampu mengalir dengan relatif cepat. Jadi tidak perlu digoyang agar lebih penuh seperti halnya jika mengisi kerupuk atau benda padat lainnya dalam toples.

Dengan nada canda, perilaku menggoyang-goyang kendaraan itu karena mereka tidak mendengarkan dengan baik saat pelajaran IPA atau Fisika tentang sifat-sifat benda cair pada waktu sekolah di SD dulu atau fenomena ini bisa jadi PR untuk para guru yang mengajar Fisika sehignga tidak membosankan dan mau di dengar murid-muridnya.

Seorang pakar otomotif yang juga pemilik bengkel di daerah Cirendeu Pondok Cabe yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa hal demikian memang bisa saja dilakukan pada mobil tertentu keluaran tahun lama karena memang desainnya yang belum sempurna, seperti ada mobil yang tangkinya memiliki sekat, lebih pendek atau memiliki bentuk tangki seperti leher angsa sehingga sewaktu mengisi bensin tidak bisa mengalir cepat.

Namun untuk mobil-mobil produksi modern saat ini desain tangkinya sudah bagus dan canggih dengan dilengkapi sistem ventilasi, bahkan sensor pada mulut lubang tangkinya. Keadaan ini memungkinkan udara yang ada di dalam tangki akan keluar dengan sendirinya seiring dengan dimasukkannya bensin.

Dengan demikian, menggoyangkan mobil saat isi bensin merupakan kegiatan yang sia-sia, bahkan sebenarnya secara logika menggoyang-goyang kendaraan saat isi bensin justru dapat membuat bahan bakar yang ada di dalam tangki akan berbuih, sehingga berpotensi luber. Seperti halnya soda kaleng yang dikocok, maka akan luber.
Jika anda sudah tahu bahwa perbuatan itu adalah sia-sia, apakah masih ingin ikut-ikutan menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bensin kendaraan ? (pink)

Bagaimana menurut pembaca?