Pertama, Jurnalis Perempuan Jadi Ketua IWO Sumut

40

Medan, Tengokberita.com- Pengurus Pusat (PP) Ikatan Wartawan Online (IWO) melantik Pengurus Provinsi (PP) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara dan Pengurus Daerah (PD) Kota Medan di Hotel Grandhika Medan Jalan Setia Budi, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Jum’at malam (19/1/2018).

Ketua Umum PP IWO ‎Jodhi Yudono mengatakan, dengan kepengurusan yang baru terbentuk diharapkan bisa menjadi wadah organisasi profesi wartawan yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat luas.

IWO Lahir disini sebagai perjalanan dunia jurnalistik disini di Sumatera Utara. Jadi kita harus tau, gelagat zaman sudah mau kemana. Sekarang ini zaman edan. Ini Zaman Post Modern,” kata Jodhi saat memberikan sambutan.

Jodhi mengatakan IWO bisa menjadi wahana untuk membendung berita hoax, yang selama ini terus menghantui dan membodohi masyarakat.

Saat ini banyak berita hoaks, masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan media. Makanya mereka buat berita sendiri di media sosial. IWO hadir untuk mengembalikan kepercayaan itu lagi,” ungkap Jodhi.

Sementara Ketua PW IWO Sumut, Mei Leandha, mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak untuk membantu pelantikan dan hadir dalam pelantikan PW IWO Sumatera Utara dan PD IWO Kota Medan.

IWO Sumut ingin mengembalikan kepercayaan publik terhadap media, khususnya media online. Apalagi maraknya berita hoaks di tengah masyarakat. Kita tidak mau masyarakat dibodoh-bodohi oleh berita hoaks. Kita yang mesti menjadi penangkal masyarakat dari berita bohong,” ujar Mei.

Mei mengatakan dengan terbentuk kepengurusan IWO ini, diharapkan bisa membangun jiwa profesional wartawan dalam menyampaikan informasi dan pemberitaan.

“Kita juga akan terus melakukan peningkatan kualitas terhadap seluruh anggota sumut. Karena sebagai jurnalis kita harus bertangggung jawab terhadap berita dan membuat berita yang bertanggung jawab,” ucap Mei.

Kita akan mengawal kebijakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Kita tetap melakukan kritik terhadap pemerintah. Tujuannya membangun bangsa dan masyarakat,” Mei menambahkan.

Dewan Kehormatan PW IWO Sumatera Utara, Raden Muhammad Syaf’i mengatakan keberadaan IWO ditengah Masyarakat sangat baik. Apa lagi, IWO mempunyai misi untuk ‎membendung pemberitaan hoax.

Karena IWO dalam marsnya, sudah jelas kebohongan adalah musuh bersama. Di sini saya sangat senang melihat IWO. Saya siap bertukar pikir untuk memajukan IWO kedepannya,” kata pria yang akrab disapa Romo.

Pelantikan kali ini, dihadiri Dewan Kode ‎etik, PW IWO Sumatera Utara, Ade Sandra Purba, Raden Muhammad Syafii. Dewan Etik dan Kehormatan PD IWO Kota Medan, Sutrisno P, AKBP MP Nainggolan mewakili Polda Sumut, mewakili Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Yamin Sonar dan sejumlah pejabat lainnya.

Pengurus harian Propinsi IWO Sumut yang dilantik: Ketua Mei Leandha, Wakil Ketua I Joko Irawan, Sekretaris Teuku Yudhistira, Wakil Sekretaris Ilham Pane dan Bendahara Yulinda Siregar. Untuk pengurus harian IWO Kota Medan, Ketua Erie Prasetyo, Wakil Ketua I Herdiansyah, Sekretaris Syaifullah, Wakil Sekretaris Bagoes Maulana dan Bendahara Aulia Ramadhan Ray.(*rot)

Bagaimana menurut pembaca?