Pilih Velg Mobil, Ini 5 Tipsnya

18

Jakarta, Tengokberita.com– Velg adalah satu di antara komponen yang vital bagi kendaraan, bahkan tidak kalah dengan fungsi ban. Fungsi utama velg ialah sebagai tumpuan ban, tanpa velg roda kendaraan tidaklah bisa berputar.

Saat ini banyak merek dan tipe velg. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika memilih velg.

Pertama, PCD (pitch circle diameter) atau lobang baut , umumnya pcd yang banyak dipakai pada mobil adalah 4×100, 4×114, 5×114 dan 5×120. Angka 4 menunjukan jumlah baut pada velg sedangkan 100 atau 114 adalah jarak diameter antar baut dalam hitungan mm. Jadi arti 5×100 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antar baut adalah 100mm.

Kedua, Offset atau ET , Offset pada velg adalah ukuran antara bagian tengah velg sampai belakang velg dalam satuan mm , ukuran ini sangat lah penting untuk menenatukan lebar velg yang akan dipakai agar tidak keluar dari bibir fender dan tidak menggesek bagian mangkuk shockbreaker.

Ketiga, Ring adalah ukuran diameter velg dalam hitungan inci, biasa nya fender pada mobil memiliki batas toleransi sebanyak 2 inci artinya jika velg standar pada mobil adalah 15 inci bisa mengganti velg sampai dengan ukuran 17 inci.

Keempat, pada bagian blakang velg selain kode ring velg biasanya juga terlihat angka yang di lengkapi huruf “ J”, J adalah kode untuk lebar velg dalam hitungan inci.

Kelima, jangan lupa menghitung ukuran knock bore bawaan mobil, karena jika knock bore tidak duduk dengan pas pada knock velg akan sangat berdampak pada mobil.

 

Jadi jika kita melihat kode 17 x 9J ET20 PCD 5×114 artinya ukurang ring velg tersebut 17 inci memiliki lebar 9inci dengan offset positif 20mm dan memakai 5 baut roda dengan jarak diameter lingkar 114mm.

Selain pemilihan velg yang cocok dengan mobil, ukuran ban harus diperhatikan agar handling mobil tetap nyaman ketika sudah mengganti velg mobil. Agar lebih yakin dengan velg pilihan, biasakan mencoba velg sebelum melakukan transaksi, biasanya di beberapa bengkel membolehkan calon pembeli mencoba velg yang akan dibeli dengan catatan jika tidak jadi membeli cukup membayar ongkos bongkar dan pasang saja. (ric/rot)

Bagaimana menurut pembaca?