Polisi Lakukan Ini Saat Motor Boleh Masuk MH Thamrin

36

Jakarta, Tengokberita.com- Pemerintah Provinsi DKI lewat Pergub DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 melakukan Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor. Aturan itu diperbaharui lewat Pergub Nomor 141 Tahun 2015. Tetapi, semuanya berubah sejak putusan Mahkamah Agung yang membatalkan regulasi pembatasan sepeda motor dipublikasikan ke publik pada Senin 8 Januari 2018 melalui situs MA. Sejak putusan itu keluar Pengendara sepeda motor mulai berani melewati Jalan Thamrin.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya melalui Wadirlantas AKBP Kingkin Winisuda menyatakan akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait pencabutan larangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta tersebut.

Dilakukan monitoring dan evaluasi. Limit waktu sebulan. Apakah membawa kemacetan yang cukup parah atau sebaliknya,” ujar AKBP Kingkin di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

AKBP Kingkin mengungkapkan produksi sepeda motor saat ini luar biasa dan data pelanggaran yang dipegang oleh Dirlantas juga mayoritas didominasi oleh pengguna sepeda motor. Demikian pula kecelakaan lalu lintas, tertinggi kendaraan roda. Penyebabnya karena perilaku pengendara. Banyak yang melawan arus serta berhenti sembarangan.

Pemerintah, kata dia, wajib mengendalikan kondisi lalu lintas tersebut. Masalah yang selalu muncul di Jakarta adalah soal kemacetan lalu lintas sehingga Dirlantas mendukung adanya pengalihan masyarakat untuk menggunakan angkutan umum atau angkutan masal.(rot)

Bagaimana menurut pembaca?