Home » News » Negara » Politik » Presiden: Tak Ada Keharusan Terapkan FDS

Presiden: Tak Ada Keharusan Terapkan FDS

Jakarta, Tengokberita.com – Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan menegaskan tidak ada keharusan bagi sekolah untuk menerapkan program pendidikan karakter lima hari sekolah atau Full Day School dalam seminggu.

Pernyataan itu antara lain diungkapkan saat menerima Jamaiyah Batak Muslim Indonesia di Istana Merdeka pada Kamis (10/8/2017)

Pernyataan itu kembali diungkapkan saat bersilaturahim dengan para kiai dari sejumlah pondok pesantren di Jember, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2017).

Jadi saya tegaskan, tidak ada keharusan untuk lima hari sekolah. Jadi tidak ada keharusan full day school untuk diketahui,” ujar Presiden, sebagaimana dikutip dalam rilis Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Negara.

Dalam rilis itu disebutkan, Jokowi melihat kesiapan setiap sekolah berbeda. Dan ini menjadi penentu, apakah sekolah tersebut siap untuk menerapkan program FDS.

Karena ada yang siap ada yang belum. Ada yang sudah bisa menerima ada yang belum. Kita harus tahu yang di bawah seperti apa,” tegas Presiden

Namun Istana mempersilahkan, jika memang ada sekolah yang sudah lama melaksanakan program FDS dan didukung masyarakat, orang tua murid serta tokoh setempat, untuk melanjutkan program ini.

Presiden menjelaskan bahwa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23/2017 mengenai kebijakan Full day School telah diganti dengan Peraturan Presiden. Namun ia tidak menjelaskan seperti apa detailnya, dan justru meminta awak media menanyakan ke Mensesneg.

Penegasan ini diulang Presiden saat bertemu dengan sejumlah ulama di Jember, Jawa Timur Sabtu (13/8/2017). Selama ini, sejumlah kalangan di NU menolak kebijakan FDS karena dinilai akan mematikan madrasah yang sudah puluhan tahun berdiri.

Ini bukan yang pertama Presiden Jokowi menganulir kebijakan menterinya, satu hal yang jarang terjadi di masa lalu. Sejumlah kalangan meminta Presiden untuk tegas menetapkan satu aturan yang baku, agar masyarakat tidak bingung. (emu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Tunjuk Ridwan Kamil, DPD Golkar Jabar Akan Melawan

Purwakarta, Tengokberita.com– Surat rekomendasi DPP Partai Golkar yang menetapkan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai ...

Presiden: Tak Ada Keharusan Terapkan FDS

Tengok Berita red Berita Hari ini: 1 min
0