Home » News » Gaya Hidup » Rajin Konsumsi Kopi Kurangi Risiko Bunuh Diri

Rajin Konsumsi Kopi Kurangi Risiko Bunuh Diri

Jakarta, Tengokberita.com – Kabar gembira bagi Anda para pencandu kopi. Ternyata minuman berkafein ini tak hanya ampuh membuang kantuk dan mood jelek. Lebih dari itu, teratur mengonsumsi kopi bisa menekan risiko bunuh diri.

Demikian hasil penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health (HSPH). Dalam riset ini, peneliti menganalisa data dari tiga penelitian yang sebelumnya dilakukan di Amerika Serikat. Hasilnya, konsumsi dua sampai empat cangkir kopi setiap hari ternyata dapat mengurangi depresi dan juga risiko bunuh diri hingga separuhnya. Kondisi ini berlaku baik pada laki-laki maupun perempuan.

Hasil penelitian yang baru dirilis itu juga menyebut, orang dewasa yang minum beberapa cangkir kopi berkafein setiap hari lebih sedikit berpotensi mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang minum kopi tanpa kafein atau tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Kesimpulan ini diambil setelah tim mereview data dari 200.000 responden laki-laki dan perempuan. Peneliti memeriksa kembali data-data yang diperoleh dari para pengonsumsi kafein baik dari kopi dan non kopi seperti teh, minuman ringan berkafein, dan coklat. Namun kopi tetaplah menjadi sumber kafein utama.

Hasilnya, selama periode hampir enam setengah tahun, hanya ada 277 kematian akibat bunuh diri dari pada para konsumen kopi ini.

(Baca: Di Inggris Bunuh Diri Sering Terjadi di Hari Senin)

Tidak seperti penelitian sebelumnya, di sini kami menilai asosiasi konsumsi minuman berkafein dan nonkafein, dan kami mengidentifikasi kafein sebagai yang paling mungkin meminimalisir risiko depresi,” ungkap Michel Lucas, pemimpin peneliti dari Departemen Nutrisi di HSPH sebagaimana dikutip dailymail.co.uk.

Kafein selama ini terbukti efektif bekerja untuk merangsang sistem saraf pusat. Kafein juga bersifat antidepresan ringan dengan meningkatkan produksi neurotransmitter macam serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang mengirim sinyal perasaan gembira ke otak. Itu sebabnya, dalam penelitian sebelumnya ditemukan risiko depresi yang lebih rendah di antara peminum kopi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Meski demikian para peneliti tidak menganjurkan orang dewasa yang depresi mengobati dirinya dengan menambah konsumsi kafein. Pasalnya, konsumsi kopi yang berlebihan bisa  mengakibatkan efek samping.

Secara keseluruhan, penelitian kami menunjukkan bahwa hanya ada sedikit manfaat lebih lanjut untuk konsumsi di atas dua sampai tiga cangkir atau 400 mg kafein setiap harinya,” imbuh Lucas.  (nez/emu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

yogyakarta, kuliner

3 Street Food yang Wajib Anda Cicipi di Yogyakarta

Yogyakarta, Tengokberita.com –  Yogyakarta menjadi salah satu destinasi liburan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.   ...

Rajin Konsumsi Kopi Kurangi Risiko Bunuh Diri

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0