Rasa Gurih Manis, Sate Maranggi Purwakarta

616

Kuliner, Tengokberita.com-Kalau anda pergi ke suatu kota, jangan lupa untuk mencicipi makanan atau pun hal-hal lain khas kota itu. Makanan misalnya, sudah pasti setiap kota memiliki citarasa tersendiri. Demikian pula dengan Purwakarta. Bila anda berwisata ke Purwakarta, jangan lupakan Sate Maranggi Purwakarta. Rasa gurih dan manis mendominasi rasa sate Maranggi Purwakarta.
Keharuman dan rasa manisnya itu berasal dari bahan asli Purwakarta yaitu gula merah aren, khas Purwakarta.

Lantas dimana anda bisa menikmati Sate Maranggi Purwakarta itu? Salah satunya di warung Sate Maranggi Bah Use Cihuni yang berada di Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Bila anda berkendara roda empat, hanya 15 – 20 menit dari pintu Tol Purwakarta. Namun, jika anda dari Jakarta memanfaatkan kereta Api, maka turun di stasiun Kereta Api Purwakarta. Kemudian bisa dilanjutkan dengan naik delman, mobil online atau ojeg online , atau naik ojeg konvensional yang bisa mangkal di stasiun Purwakarta.

 

Tengokberita.com mencoba mampir ke Puurwakarta dengan menggunakan Kereta ekonomi Serayu. Begitu sampai di Stasiun KA Purwakarta, stasiun yang dijuluki dengan kuburan kereta api, karena banyaknya tumpukan gerbong gerbong kereta api yang sudah tidak terpakai, perjalanan dilanjutkan naik ojeg Online ke Warung Sate Bah Use, tarifnya hanya sekitar Rp 15 ribu.

Sate Maranggi Purwakarta, cukup banyak. Karena itu jangan salah pilih tempat. Sate Maranggi seperti sate pada biasanya. Bahan dasarnya menggunakan daging sapi. Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambel oncom, ketan bakar atau nasi timbel . Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah proses perendaman daging dalam bumbu, sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak. Karena proses pembumbuan inilah, maka Sate Maranggi disajikan tanpa saus pendamping. Adapun bumbu rendamnya sendiri terbuat dari paduan Kecap manis dan beberapa jenis rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dengan sedikit cuka untuk memberikan sedikit rasa masam.

Kelebihan sate maranggi Bah use, daging sapinya, tidak keras. Saat dimakan terasa lembut kenyal seperti daging kambing. Tetapi, jika anda tidak berkenan makan Sate Maranggi, warung Bah Use juga menyediakan sop iga sapi dan juga petai bakar. Warung sate Maranggi Bah Use buka dari jam 8 pagi hingga menjelang maghrib. Anda penasaran, silahkan berkunjung ke Purwakarta. (jar/rot)

Bagaimana menurut pembaca?