Ratusan Pelajar Wisata Edukasi ke KRI Tanjung Nusanive 973

Para pelajar Sekolah Boarding School Mazaya Sumedang tampak antusias saat mengunjungi KRI Tanjung Nusanive 973. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta, Tengokberita.com – Keberadaan kapal perang milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dimanfaatkan ratusan pelajar Sekolah Boarding School Mazaya Kota Sumedang, Jawa Barat, untuk berkunjung ke KRI Tanjung Nusanive 973, Selasa (12/12/2017).

Sebanyak 105 pelajar Sekolah Boarding Kota Tahu tersebut begitu semangat untuk mengetahui seluk-beluk kapal perang yang berjenis kapal angkut personil ini. Mereka didampingi 25 orang guru yang rata-rata juga belum pernah menaiki kapal perang tersebut.

Para pelajar Sekolah Boarding School Mazaya Sumedang berbondong-bondong secara berbaris menaiki tangga ke KRI Tanjung Nusanive 973. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Kunjungan pelajar Boarding School Mazaya Sumedang ke KRI Tanjung Nusanive 973 dalam rangka kunjungan edukasi sekaligus menumbuhkan inspirasi terhadap pengetahuan dan wawasan kemaritiman. Jadi anak-anak kita yang masih muda belia ini, kita perkenalkan dengan alutsista TNI AL, sehingga hal ini akan menumbuhkan minat belajar mereka,” jelas Komandan KRI Tanjung Nusanive 973 Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, M.Tr (Hanla) sebagaimana rilis Dispen Kolinlamil yang ditandangani Mayor Laut (KH) Pitoyo Leres, S Sos dan diterima redaksi tengokberita.com, Selasa (12/12/2017).

Letkol Dian mengatakan bahwa di kapal tersebut bukan hanya persenjataan lengkap untuk kapal perang, namun juga terdapat fasilitas sekelas hotel bintang lima. Kamar VVIP atau VIP, misalnya, dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tamu, spring bed empuk, dan televisi.

(baca: KRI Banda Aceh 593 Meriahkan Sail Sabang 2017)

Semua fasilitas yang ada ini memang disiapkan bagi para prajurit TNI Angkatan Laut yang akan bertugas. Alasannya, agar tidak jenuh dalam perjalanan menuju penugasan. Hal tersebut wajar sebab KRI Tanjung Nusanive adalah jenis kapal bantu angkut personel,” ujar Letkol Dian.

Ditambahkan, dari kunjungan itu diharapkan dapat menumbuhkan minat dan cita-cita untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

Para siswa tampak serius mendengarkan penjelasan dari prajurit di atas KRI Tanjung Nusanive 973. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jika dari usia dini sudah punya cita-cita menjadi Angkatan Laut, kemudian kita sampaikan bagaimana untuk menjadi prajurit TNI AL. Diharapkan tumbuhnya minat belajar para pelajar akan meningkat untuk lebih berprestasi lagi,” tambah Letkol Dian.

Sementara itu, Kolinlamil juga memberikan kesempatan kepada pihak-pihak sekolah yang telah mengajukan permohonan kunjungan ke kapal-kapal perang Kolinlamil. Adanya kegiatan kunjungan anak sekolah ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dunia kemaritiman secara umum dan kapal-kapal perang TNI AL khususnya Kolinlamil kepada para pelajar atau anak didik secara dini mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Lanjutan. (has)

Bagaimana menurut pembaca?