Sambut Ultah ke 25, ISSOM Gelar ‘Night Race’

68

Jakarta, Tengokberita.com- Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) akan menggelar night race atau balapan malam hari dalam rangka menyambut ulang tahun sirkuit sentul yang ke-25. Gelaran semacam ini belum pernah dilakukan sebelumnya karena balap di malam hari berbeda dengan siang hari. Tapi, untuk memberikan hiburan sekaligus mengembangkan olahraga otomotif di Indonesia maka hal semacam itu perlu dilakukan.

General Manager Sentul International Circuit Lola Moenek sesaat sebelum acara Kick Off ISSOM 2018 di Titan Center Bintaro, Tangerang mengatakan bahwa night Night race atau balap mobil itu baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Untuk balap mobil baru Kali ini. Ada 5 seri balap. Kita mau lihat animonya seperti apa. Karena malam hari maka faktor safety akan menjadi pertimbangan utama,“ujar wanita berkacamata ini. Apalagi, menurut wanita yang sudah menggemari balap sejak dari sirkuit di kawasan Ancol itu balapan malam hari memerlukan penerangan atau lampu yang memadai. Untuk itu, sirkuit Sentul nantinya juga akan diberikan penerangan atau lampu layaknya Sirkuit Le Mans di wilayah Prancis.

“Mungkin lebih terang dari Le Mans ya. Karena aturannya harus pakai lampu. Sepanjang sirkuit ada lampu, di tribun, paddock semua harus ada lampu,” ujar dia. Selain itu, para pebalab yang ikut dalam sesi balap malam itu tidak sembarang. Mereka akan melalui serangkaian pemeriksaan yang ketat. Selain pemerikasaan kesehatan juga jam terbang akan menjadi pertimbangan karena kondisi balapan malam hari berbeda dengan siang hari. “Mereka harus mengikuti pemeriksaan kesehatan. Tensi, mata, jantung, itu mutlak,” ujar Lola Moenek. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?