Home » News » Mancanegara » Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan 29 Jamaah Masjid
bom, afghanistan, teroris

Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan 29 Jamaah Masjid

Afghanistan, Tengokberita.com – Sebuah serangan  bom bunuh diri terjadi di sebuah masjid di kota Herat, Afghanistan. Selain menghancurkan masjid, peristiwa itu juga menewaskan setidaknya 29 orang dan 64 orang mendeita luka.

Dikutip dari theguardian, Rabu (2/8/2017) peristiwa itu terjadi saat warga melakukan salat subuh di masjid Jawadia, Selasa (1/8) waktu setempat. Pelaku penyerang berjumlah lebih dari 1 orang.

Lebih dari 1.700 warga sipil terbunuh dalam serangan di Afghanistan sepanjang tahun ini, di bawah pemerintahan Presiden Ashraf Ghani.

Abdulhai Walizada, seorang juru bicara kepolisian setempat mengatakan berdasarkan keterangan saksi seorang pembom bunuh diri meledakkan bahan peledak dan lainnya seorang pria bersenjata melemparkan granat ke warga yang tengah salat.

(Baca : Rudal Mengarah ke Wilayah Makkah Berhasil Dijatuhkan)
Dua penyerang memasuki masjid dan mulai menembak dan melemparkan granat pada orang-orang,” kata Mohammad Adi, seorang jamaah di masjid yang terluka dalam serangan tersebut dan dibawa ke rumah sakit.Mohammad Asif Rahimi, gubernur Herat, mengatakan setidaknya 29 orang tewas dan 64 lainnya cedera dalam insiden yang terjadi dua bulan setelah serangan terhadap sebuah masjid abad ke-12 yang dikenal sebagai Masjid Jama di Herat, di mana tujuh orang meninggal.

Tidak ada klaim tanggung jawab dalam peristiwa yang memilukan ini. Bahkan, Taliban, membantah terlibat dalam aksi kali ini.

Ghani, yang pemerintahannya mendapat tekanan kuat karena memburuknya keamanan di seluruh negeri, mengutuk pemboman tersebut dan meminta para pemuka agama untuk ‘meningkatkan suara mereka melawan serangan teroris.

Afghanistan secara tradisional relatif bebas dari kekerasan sektarian yang umum terjadi di Irak atau Suriah, namun militan garis keras Sunni dari cabang negara Islam setempat telah berulang kali menyerang minoritas Syiah Hazara beberapa waktu terakhir.(rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Deplu Australia Keluarkan ‘Travel Warning’ Terkait Gunung Agung

Melbourne, Tengokberita.com– Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia mengeluarkan ‘travel warning’ terhadap warga Australia yang ...

Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan 29 Jamaah Masjid

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0