Siapkan Kelistrikan Mobil, Jelang Turun ke Arena

64

Sentul, Tengokberita.com-Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2018 kembali digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pagi ini seluruh pembalap sudah siap turun ke lintasan untuk mengambil nomor urut start.

Tetapi, sebelum memacu kendaraannya, kondisi mesin dan kelistrikan mobil itu juga harus ‘ready’. Meski sifatnya bukan bagian utama namun mesin mobil memerlukan bantuan listrik untuk pembakaran. Misalnya busi tidak akan menyala bila tidak ada listrik.

Karena itu kelistrikan memiliki peranan penting dalam sebuah kendaraan. “Semua kendaraan yang akan turun kita cek dulu satu persatu. Ada masalah apa tidak dengan kelistrikannya. Jangan sampai pas turun ke Arena mogok karena kelistrikannya tidak sempurna,” ujar Buang, mekanik bagian kelistrikan dari Gazpoll Racing Team kepada Tengokberita.com di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Sabtu (24/3/2018).

Menurut Buang, sebagai mekanik bagian listrik dia paham seluruh mekanisme dan prosedur kerja mesin mobil. “Saya paham juga, cuma bidang saya memang kelistrikan,” kata Buang yang lagi ngecek kelistrikan mobil Mercedes-Benz milik pembalap Tomi Hadi.

Sementara sepanjang satu tahun ini akan ada tujuh seri yang dipertandingkan dengan 12 kelas atau slot balapan, mulai dari Retro, Old Skool, Mercedes-Benz, Japan Super Touring Championship dan lain-lain.(rot)

Bagaimana menurut pembaca?