Sidang Perdana Setya Novanto Digelar di PN Tipikor Rabu Pekan Depan

Jakarta, Tengokberita.com – Ketua DPR RI Setya Novanto dalam waktu tak lama lagi akan dihadapkan pada majelis hakim guna mempertanggungjawabkan perbuatan yang telah dilakukannya berkaitan kasus megakorupsi KTP-E berbasis NIK periode 2011-2012 yang didakwakan kepadanya.

Sidang perdana kasus megakorupsi KTP-E dengan terdakwa Setya Novanto tersebut rencananya akan digelar pada Rabu (13/12/2017) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Humas Pengadilan Tipikor Ibnu Basuki Widodo, membenarkan.

Menurut Ibnu Basuki Widodo, persidangan perkara korupsi KTP-E dengan terdakwa Setya Novanto akan langsung dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Dr Yanto.

(baca: KPK Limpahkan Berkas Perkara Setya Novanto ke Pengadilan)

Ketua majelis hakim Dr Yanto, selanjutnya hakim anggota satu Frangki Tambuwun hakim anggota dua Emilia Subagja, hakim Adhoc Anwar dan Anshori,” kata Ibnu Basuki Widodo di kantornya, Kamis (07/12/2017).

Ibnu mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait pengamanan jalannya proses persidangan sekaligus memberikan pengamanan kepada majelis hakim dari adanya ancaman dari pihak lain.

Saat ditanyai terkait apakah ada indikasi percepatan jadwal sidang dan penunjukan majelis hakim, Ibnu menyangkal hal tersebut. Dirinya menilai bahwa penetapan jadwal sudah sesuai Undang-undang yang berlaku.

Jangan keliru yang membahas masalah itu. Di dalam Undang-undang pengadilan tipikor dalam waktu 3 hari ketua pengadilan menetapkan majelis, kemudian sidang maksimal 7 hari setelah penetapan majelis dan itu sangat lazim dan biasa kita terima,” kata Ibnu.

Terkait rekam jejak hakim yang akan mengawal proses persidangan tersebut, Ibnu tidak mau menanggapi hal tersebut secara detil.

Saya tidak membahas seperti itu‎. Yang jelas beliau telah berkali-kali menjadi ketua pengadilan tinggi. Dulu ketua pengadilan tinggi Denpasar. Sekarang ketua pengadilan Jakarta Pusat,” kata Ibnu. (wap)

Bagaimana menurut pembaca ?