Sistem Ganjil-Genap Akan Diterapkan di Bogor Hingga Tangerang

82

Bogor, Tengokberita.com-Belum sehari sistem genap ganjil diberlakukan bagi kendaraan yang masuk dari Tol Bekasi Barat menuju ke Jakarta, kebijakan yang sama  rencananya akan  dilakukan di wilayah Bogor, Depok dan juga Tangerang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan memperluas cakupan aturan ganjil-genap untuk kendaraan pribadi di Gerbang Tol Depok, Tangerang, dan Bogor. Namun pemberlakuan sistem itu akan dilakukan dengan skema berbeda.

“Kita ingin melakukan suatu law enforcement untuk melakukan upaya agar masyarakat lebih lancar,” ujar Budi Karya Sumadi di Istana Bogor, Senin (12/3/2018).

Budi mengungkapkan bahwa pemberlakuan sistem ganjil-genap untuk kendaraan umum tersebut merujuk pada hasil riset. Seperti yang diberlakukan di Gerbang Tol Bekasi tidak semata-mata karena ada proyek pembangunan.

“Kita ingin melakukan mapping. Melakukan suatu riset, termasuk nanti kalau ada jalan alternatif seperti apa itu risetnya,” kata lelaki kelahiran Palembang ini.

Menurut dia, jika hasil risetnya mengatakan tidak perlu melakukan langkah semacam itu maka dia tidak akan menerapkannya. Sebaliknya, jika hasil riset mengatakan harus memberlakukan sistem genap ganjil, maka secepatnya dia akan melaksanakannya.

Kita ingin mendorong masyarakat menggunakan kendaraan umum. Kita akan lakukan. Kita kan mengedukasi masyarakat bertahap. Tidak bisa pressing langsung,” ujar dia.

Sistem Ganjil Genap akan diberlakukan selama satu tahun dan akan terus dievaluasi bersama jajaran kepolisian. Paling tidak, untuk sebulan ke depan hasilnya akan dievaluasi.

Sementara itu, PT Jasa Marga mengklaim, penerapan sistem ganjil-genap di tol Bekasi, membuat arus lalu lintas tol Jakarta-Cikampek lancar. Kendaraan bisa melaju dengan kecepatan 60-70 km per jam. (rot)

Bagaimana menurut pembaca?