Status Luar Biasa, Difteri Serentak di Jakarta

Jakarta, Tengokberita.com-Provinsi di Jakarta hari ini akan melakukan imunisasi difteri serentak menyusul status kejadian luar biasa (KLB).

Apa itu Difteri? Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae dan dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

Jakarta, sendiri telah menetapkan KLB penyakit Difteri. Selain Jakarta, Jawa Barat dan Banten juga status KLB

Tiga kota ini menjadi prioritas imunisasi difteri karena kepadatan jumlah penduduknya yang besar sehingga diprediksi penularan penyakit tersebut lebih cepat. Sementara provinsi lain akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Status KLB ini sebenarnya masih dalam tahap early warnning guna mengantisipasi penyakit itu tidak mewabah. Untuk itu perlu dilakukan respons Outbreak Response Immunization (ORI). Untuk Tahap pertama 11 Desember dilaksankan di 3 tempat yakni Banten, Jawa Barat, dan DKI.

Kepadatan penduduk, tingkat penularan bisa terjadi lebih cepat,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Oscar Primadi.

Masyarakat diminta tidak ragu-ragu untuk melaksanakan imunisasi tersebut. “Datang ke Posyandu, Puskesmas, atau fasilitas kesehatan, gratis,” kata Oscar.(rot)

Bagaimana menurut pembaca?