Home » News » Negara » Politik » Survei CSIS, Elektabilitas Jokowi Ungguli Prabowo

Survei CSIS, Elektabilitas Jokowi Ungguli Prabowo

Jakarta, Tengokberita.com – Joko Widodo masih terlalu kuat untuk ditandingi Prabowo Subianto. Hasil survei Center Strategic dan Internasional Studies (CSIS), tingkat elektabilitas Joko Widodo masih ungguk dibanding Ketum Gerindra tersebut. Elektabilitas Jokowi di tahun 2017 sebesar 50,9 persen sedangkan Prabowo 25,8 persen.
Elektabilitas Jokowi mengalami kenaikan cukup signifikan dari tahun 2015 sebesar 36,1 persen, dan pada tahun 2016 sebesar 41,9 persen.

Sementara Elektabilitas Prabowo mengalami stagnasi suara dari tahun 2015 sebesar 28 persen, dan pada tahun 2016 sebesar 24,3 persen.

Atas hasil ini, PDIP sebagai pengusung Joko Widodo mengatakan bahwa survei CSIS itu adalah bentuk apresiasi masyarakat terhadap kinerja Jokowi.

Ya tentu kami menilainya satu bentuk apresiasi dari masyarakat. Memang apa yang dilihat dari kerja Pak Jokowi nggak bisa dilihat jangka pendek,” ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan.

Menurutnya berbagai program yang dilakukan Jokowi seperti pembangunan infrastruktur dan politik pemerataan ekonomi tidak bisa dilihat jangka pendek. Dibutuhkan waktu dua tahun lagi untuk program Jokowi selanjutnya.

(Baca: Pengamat Sebut Prabowo Lawan Kuat Jokowi)

Hasilnya akan lebih terlihat beberapa tahun dan ini sudah mulai merasakan dan masyarakat mengapresiasi itu,” ucap anggota Komisi XI DPR ini.

Hendrawan menjelaskan survei itu adalah salah satu tolok ukur untuk memberi dukungan kepada Jokowi pada Pilpres mendatang.

Elektabilitas salah satu ukuran penting tapi tidak serta merta dengan survei jadi deklarasi itu tidak boleh didasarkan hasil survei semata,” papar dia.

Sebelumnya, CSIS melakukan survei tingkat elektabilitas calon Presiden RI untuk Pilpres 2019. Joko Widodo dan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas teratas dari sejumlah nama yang dimunculkan dalam survei. Namun, Joko Widodo masih lebih tinggi dibandingkan Prabowo Subianto.(rot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Haedar Minta Ormas Tidak Berperilaku Bak Parpol

Jakarta, Tengokberita.com – Ormas-ormas diminta tidak terjebak dan berperilaku layaknya partai politik. Karena memang ada perbedaan ...

Survei CSIS, Elektabilitas Jokowi Ungguli Prabowo

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0