Tampil Perdana di Detroit, Mercedez-Benz G Class Pertahankan Tampilan

135

Detroit, Tengokberita.com – Mendesain ulang untuk mempertahankan sebuah ikon memang tak mudah, sebagaimana lazimnya produksi generasi terbaru yang terus bermunculan. Namun Mercedes-Benz sepertinya tetap mempertahankan kharisma G-Class dengan desain kotak ikoniknya pada dalam generasi teranyarnya.

Saat tampil pertama kali di ajang North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, Amerika 20 – 28 Januari 2018 lalu, Mercedez-Benz G Class baru tak ubahnya Mercedez-Benz G Class pendahulunya yang lahir di tahun 1990an dengan disain kotak.

Hanya saja, sentuhan modern tampak di beberapa bagian. Dikutip melalui situs www.autoweek.nl, beberapa sentuhan modern pada Mercedes-Benz G-Class tampak di bagian lampu depan & belakang yang sudah LED, Sunroof, cover ban serep yang elegan, desain spion yang lebih kekinian, serta body yang lebih ringan dan kabin yang lebih lebar dengan tambahan 15 cm ruang kaki yang lebih lapang.

Ubahan paling terasa pada generasi baru Mercedes-Benz G-Class ini terjadi pada interior. Mempunyai predikat sebagai merek premium dunia, tampaknya Mercedes mau memanjakan para penggemar off-road dengan kabin yang mewah dan nyaman.

Beberapa tombol operasional pendukung seperti AC dan lainnya, juga terlihat mewah, sama seperti model Mercedes lainnya. Jok berlapis kulit mewah dengan material lembut dan sentuhan aksen kayu, membuat suasana G-Class menjadi lebih mewah dan modern.

Peningkatan pada konstruksi bangun yang mengadopsi bahan aluminium dan menghasilkan pengurangan bobot yang signifikan hingga 160 kg mengingat sebagian besar bodi kokoh G-Class sebelumnya berbahan baja. Rangka baru, juga diklaim meningkatkan kekakuan torsi hingga 30 persen.

Rangka ladder-frame yang diperbarui juga dapat membuat kemampuan gerak empat roda 4×4 meningkat bahkan kini kemampuan melewati genangan air dapat mencapai kedalaman 100 mm. Layar sentuh besar, dengan dimensi 12,3 inci, bisa ditemui di kabin G-Class baru.

Konsumen bisa menambahkan kamera 360 derajat yang memberikan informasi tampilan video sekeliling mobil pada layar infotainment. Fitur itu berguna membantu saat beraktivitas off-road. Dapur pacu baru V8 4.0 liter dengan turbocharger dengan sistem kemudi baru yang menggunakan jenis Rack and Pinnion mengurangi radius putar G-Class untuk kemampuan manuver lebih baik. (pink)

Bagaimana menurut pembaca?