Home » News » Kasus » Terduga Pelaku Bom Kampung Melayu Terkait Jaringan ISIS Filipina

Terduga Pelaku Bom Kampung Melayu Terkait Jaringan ISIS Filipina

Jakarta, Tengokberita.com – Wakil Ketua Komisi I DPR-RI Tubagus Hasanuddin menilai teror bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur kemarin ada sangkut pautnya dengan dampak darurat militer yang ditetapkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Pulau Mindanao.
Menurutnya, kebijakan Rodrigo Duterte menyebabkan ruang gerak kelompok militan ISIS menjadi terbatas. Sehingga kelompok pendukung ISIS di Indonesia memunculkan eksistensinya untuk mengumumkan kepada dunia internasional bahwa ISIS masih bisa bergerak.

“Kebijakan itu membuat ruang gerak pasukan ISIS semakin terbatas. Khawatirnya, mereka akan masuk ke Indonesia, mengingat Filipina berbatasan langsung dengan Indonesia,” kata Hasanuddin dalam keterangannya, Kamis (25/5/2017)

Kata dia, jaringan kelompok militan ISIS di Filipina memiliki korelasi yang kuat dengan kelompok militan di Indonesia. Sehingga sangat mudah mendapatkan akses masuk ke Indonesia.

“Indikasi adanya korelasi kelompok ISIS di Filipina dengan kelompok militan di Indonesia bisa dilihat dari adanya tiga WNI terafiliasi ISIS yang tewas dalam bentrokan bersenjata melawan militer Filipina di Pulau Mindanao pada April 2017 silam,” ungkap Hasanuddin.

Sebagaimana diketahui, Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah memberlakukan darurat militer di Pulau Mindanao, menyusul pertempuran antara pasukan militer dan kelompok ISIS di Kota Marawi, Lanao del Sur, Filipina pada Selasa (23/5/2017). Dalam pertempuran itu, Pemimpin Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon, tampak diantara 15 milisi pendukung ISIS saat baku tembak terjadi dengan pasukan militer Filipina.

Pada bentrokan bersenjata sebelumnya, tepatnya April 2017 silam, militer Filipina berhasil menewaskan puluhan simpatisan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) tewas, dalam serangan besar-besaran di Pulau Mindanao. Diantara para korban, terdapat tiga warga Negara Indonesia, dan seorang warga Malaysia.(din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

Terima Suap, KPK Jadikan Walikota Cilegon Tersangka

Jakarta, Tengokberita.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan status penyidikan dan menetapkan Walikota Cilegon Tubagus Iman Aryadi ...

Terduga Pelaku Bom Kampung Melayu Terkait Jaringan ISIS Filipina

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0