Tips Berlibur Akhir Tahun Aman dan Nyaman

53

Jakarta, Tengokberita.com – “Libur telah tiba, libur telah tiba. Horehorehore…” Begitu penyanyi cilik Tasya mengekspresikan kegembiraannya ketika liburan sekolah telah tiba beberapa tahun silam.

Kini libur sekolah makin meriah sekaligus hiruk-pikuk lantaran berbarengan dengan liburan panjang natal dan tahun baru. Banyak orang bepergian ke luar kota guna berlibur.

Travelling atau berwisata ke suatu tempat, sebagaimana disebut pakar ekonomi Rhenald Kasali, kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kelas menengah dan atas masyarakat Indonesia. Tak salah apabila Presiden Jokowi menargetkan bahwa pariwisata akan menjadi sumber utama pendapatan negara di tahun 2019, menggeser pajak dan migas.

Yes…..liburan akhir tahun sudah tiba. Ke mana Anda akan mengisi liburan panjang kali ini? Sudahkan Anda membuat perencanaan?

Yaps, sebaiknya rencanakan dan persiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum Anda bepergian ke luar kota untuk mengisi liburan panjang. Perencanaan dan persiapan matang, amat perlu dilakukan apabila perjalanan yang akan dilakukan memerlukan waktu berhari-hari dan meninggalkan rumah.

Berikut tips sederhana liburan akhir tahun yang harus diperhatikan sebelum berangkat agar liburan Anda berlangsung aman dan nyaman.

  1. Mempersiapkan Keberangkatan dan Perlengkapan Selama Liburan
    Membuat daftar barang bawaan memudahkan kita untuk mengemas barang bawaan. Bawalah barang yang memang penting untuk melengkapi semua kebutuhan selama liburan seperti pakaian ganti, dokumen pribadi, obat-obatan, kacamata, topi, charger Hp atau barang-barang yang sesuai tujuan wisata anda. Satu malam sebelum berangkat, pastikan Anda telah selesai berkemas, karena berkemas secara buru-buru berisiko tertinggal barang penting.

2. Jaga Rumah dalam Kondisi Rapi dan Bersih
Membersihkan rumah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum berlibur. Bukan hanya dapat menghindari serangga atau tikus untuk masuk ke rumah, tapi juga terasa lebih menyenangkan saat kembali ke rumah dengan kondisi kita yang sudah lelah namun rumah sudah dalam keadaan bersih dan rapi. Bersihkan ruangan dari debu dan kotoran, cuci pakaian kotor, mengosongkan kulkas, hingga membuang semua sampah.

3. Pastikan Keamanan Rumah
Matikan air dan cabut semua kabel listrik yang masih tersambung dengan listrik agar terhindar dari bahaya korsleting, begitu juga saluran gas pada kompor. Pastikan pintu dan jendela dalam kondisi tertutup dan terkunci rapat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya titipkan rumah pada tetangga, pak RT atau petugas keamanan lingkungan.

4. Persiapkan Kondisi Tubuh dan Jaga Kesehatan
Menjelang dan selama liburan sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dengan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih lebih banyak, istirahat yang cukup dan bila perlu minum vitamin penambah daya tahan tubuh serta membawa berbagai obat-obatan sesuai kebutuhan seperti obat anti mabuk perjalanan, paracetamol, P3K dan sebagainya.

5. Jaga Diri dan Simpan Telepon Darurat
Yang juga tak kalah penting selama liburan adalah menjaga diri, usahakan untuk tidak mengenakan perhiasan yang mencolok, membawa uang tunai secukupnya dan terpisah serta pastikan surat-surat penting dan sebagainya disimpan di tempat yang aman. Upayakan untuk menyimpan beberapa nomor penting sebagai telepon darurat, misalnya no telepon polisi dan rumah sakit terdekat, terutama jika anda berlibur ke luar negeri, hal ini mutlak anda lakukan. Carilah informasi nomor telepon kepolisian, rumah sakit bahkan kedutaan besar.

Selamat berlibur, semoga menjadi liburan yang aman, nyaman dan tak terlupakan. Selamat Tahun Baru 2018…(berbagai sumber/pink)

Bagaimana menurut pembaca?