Home » News » Gaya Hidup » Kesehatan » Yuk, Kita Lakukan Gerakan Planking
plank, olahraga, senam

Yuk, Kita Lakukan Gerakan Planking

Jakarta, Tengokberita.com – Aktivitas yang padat dan juga waktu yang terbatas membuat banyak orang memiliki alasan untuk tidak berolahraga. Padahal, dengan berolahraga walau satu menit namun dilakukan secara rutin, banyak manfaat kesehatan yang bisa dipetik.

Misalnya saja meningkatkan imunitas, membuat metabolisme tubuh meningkat, dan manfaat jangka panjangnya dapat membuat awet muda plus secara psikologis tentu saja akan meningkatkan semangat hidup.

Lantas, olahraga seperti apa yang bisa kita lakukan di tengah padatnya aktivitas dan keterbatasan waktu? Anda bisa melakukan gerakan Planking, sebuah olahraga yang sederhana, singkat, dan bisa dilakukan di mana serta kapan saja.

Planking adalah sebuah aktivitas olahraga yang sangat popular saat ini, utamanya di kalangan pekerja maupun kaum professional. Gerakannya yang sederhana dan tak memakan banyak waktu serta bisa dilakukan di mana saja, menjadikan planking sebuah gerakan yang banyak digemari masyarakat di dunia.

Lalu apa itu gerakan planking dan bagaimana gerakannya serta apa saja manfaat yang didapat dari olahraga planking?

(Baca: Makan Buah Ini Sebelum Olahraga, Baik untuk Kesehatan)

Gerakan Planking adalah sebuah gerakan di mana kita melakukan gerakan seperti gerakan push up dengan beban berat badan bertumpu di lengan, siku dan kaki. Lengan harus di bawah bahu dengan seluruh tubuh dalam posisi garis lurus.

Mulailah untuk melakukan gerakan ini selama 20 detik. Setelah itu naikkan durasi planking secara bertahap hingga mencapai 5 menit.

Dailyhealthpost.com menyebutkan bahwa terdapat 7 manfaat utama dari melakukan planking yaitu: (1) membakar lemak, (2) meningkatkan gerakan kita dalam berolahraga seperti lari, berenang, angkat beban, (3) mengurangi resiko sakit punggung dan syaraf, (4) tubuh lebih lentur dan fleksibel, (5) memperbaiki postur tubuh, (6) meningkatkan keseimbangan tubuh, dan (7) bermanfaat untuk kesehatan mental karena dengan meregangkan otot-otot kita setelah seharian bekerja dan beraktivitas akan membuat kita tenang dan memperbaiki suasana hati.

Nah, bagaimana? Selamat mencoba… (Nvr/May)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Related Post

‘Mr P’ Pendek Vs Panjang, Siapa Yang Lebih Perkasa?

‘Jakarta, Tengokberita.com -Bagi sebagian orang, panjang pendeknya ‘Mr P’ bisa jadi masalah. Ada yang menilai ...

Yuk, Kita Lakukan Gerakan Planking

Tengok Berita red tengokberita.com Berita Hari ini: 1 min
0