Kembangkan Cabe Merah Seluas 5 Hektar, Dinas Pertanian Ikut Cegah Lajunya Inflasi

Kembangkan Cabe Merah Seluas 5 Hektar, Dinas Pertanian Ikut Cegah Lajunya Inflasi

Bangkinang - Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  akan Cabe Merah khususnya di Kabupaten Kampar, Dinas Pertanian dan Hortikultura melaksanakan program penanaman Cabe Merah atau yang disebut juga Cabe Besar seluas lima hektar.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kampar Nur Ilahi Ali melalui Kasi Tanaman Pangan Budi Hantana, Cabe Merah atau Cabe Besar tersebut akan ditanam dilahan seluas lima hektar yang berlokasi di Desa Gunung, Desa Teluk Paman Kecamatan Kampar Kiri, Desa Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Desa Kampa Kecamatan Kampa dan Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar.

"Untuk penanamannya akan dimulai pada bulan Mei ini, petani hanya menyiàpkan lahan karena Dinas sudah memberikan bantuan paket lengkap seperti, bibit, pupuk dan lainnya," jelas Budi Kamis (26/4/2024).

Dari tanam hingga panen sebut Budi memakan waktu tiga sampai empat bulan sedangkan untuk ukuran Cabe yang baik per batang menghasilkan dua kilogram.

"Program penanaman Cabe Merah ini disamping untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ini juga membantu menekan lajunya inflasi daerah," ungkap Budi.

Dibidang Hortikultura lanjut Budi untuk membantu pencegahan dan penurunan angka Stunting du Kabupaten Kampar, Dinas Pertanian juga memberikan bantuan bibit sayur - sayuran, seperti Bayam,Kankung Kacang Panjang dan lain - lain yang dubwrikan kepada masyarakat  melalui desa.

"Bantuan bibit sayuran ini akan dibagikan Kepala Desa kepada kwlompok tani dan KWT. Adapun desa yang mendapat bantuan inu adalah desa yang terdapat anak Stunting seperti, Desa Hangtuah, Desa Kampung Pinang (zkecamatan Perhentian Raja)  Desa Kebun Durian,Desa Bakung ,Desa Koto Tuo (KecamatanXIII Koto Kampar, Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Desa Tambang, Desa Kualu (Kecamatan Tambang), Desa Kebun Tinggi dan Desa Deras Tajuk (Kecamatan Kampar Kiri Hulu)," pungkasnya.

(*)

 

#Kampar #dinas #pertanian #Cabe Merah