Gunakan Energi Bersih, United Tractors Pekanbaru Tambah Lagi REC PLN

Gunakan Energi Bersih, United Tractors Pekanbaru Tambah Lagi REC PLN

 

TENGOKBERITA.COM, PEKANBARU - Penggunaan energi baru terbarukan melalui Renewable Energy Certificate (REC) semakin masif. Terbaru, PLN melalui Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UID RKR) kembali menyalurkan REC sebanyak 488 unit atau setara 488 Megawatt hour (MWh) kepada salah satu bagian dari Astra Group yaitu PT United Tractors Pekanbaru.

_Head of Corporate Governance and Sustainability Division_ PT United Tractors, Sara K. Loebis, menyampaikan bahwa kerja sama antara United Tractors (UT) Cabang Pekanbaru dan PT PLN (Persero) UIDRKR bertujuan untuk memberikan dampak baik melalui langkah-langkah yang mengedepankan prinsip bisnis berkelanjutan dan mengimplementasikan aspek-aspek ESG untuk mewujudkan tujuan dari pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs). 

“Sebagai salah satu strategi transisi korporasi di bidang energi, UT telah menetapkan bisnis Energi Baru Terbarukan (EBT) yang sejalan dengan strategi pengembangan usaha di sektor energi yang ramah lingkungan. Harapannya, kolaborasi yang dilakukan bersama PLN ini dapat berperan sebagai konektor industri energi di Indonesia dan mewujudkan inisiatif transisi energi yang bisa memberikan kontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan,” tutur Sara, Rabu (24/7).

General Manager PLN UID RKR Parulian Noviandri menyampaikan bahwa REC adalah salah satu inovasi produk hijau PLN dalam membuka kesempatan pelanggan untuk ikut berpartisipasi dalam penurunan emisi. Selain itu memudahkan pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT secara internasional.

"Lewat REC, para pelanggan juga dapat turut berpartisipasi dalam menurunkan emisi, mengubah dari energi kotor ke energi yang ramah lingkungan. Kami berkomitmen untuk menyediakan energi bersih (listrik hijau) untuk mendukung terciptanya green industry di Indonesia,” jelas Parulian.

Parulian juga menambahkan, REC merupakan produk PLN yang ditawarkan kepada seluruh masyarakat maupun perusahaan yang mendukung terciptanya energi bersih. Langkah ini sebagai upaya mencapai target pengurangan emisi karbon menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Satu unit REC setara dengan 1 MWh listrik energi baru terbarukan. Dengan begitu, PT United Tractors Pekanbaru telah ikut berkontribusi dalam menggunakan listrik hijau.

"Kami berkomitmen siap memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan, termasuk menyiapkan listrik yang bersumber dari EBT. Kami siap mendukung kolaborasi berbagai pihak untuk menekan emisi karbon dunia, termasuk salah satunya dengan United Tractors," tutur Parulian.

(*)

#pekanbaru #PLN #,Energi