Dinas Pertanian Kampat Bangun Jalan Usaha Tani dan Berikan Bantuan Alat Pertanian

Dinas Pertanian Kampat Bangun Jalan Usaha Tani dan Berikan Bantuan Alat Pertanian
Ilustrasi

Bangkinang  - Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar terus meningkatkan saran dan prasarana untuk meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Kampar 

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar Nur Ilahi Ali melalui Kabid Sarana dan Prasarana Jhon Mainir menjelaskan, untuk tahun anggaran 2024, Dinas pertanian Tanaman dan Holtikultura akan membangun jalan usaha tani di Kecamatan Kuok, Kecamatan Bangkinang, dan Kecamatan Kampar

’’Tujuan dibangunnya jalan usaha tani untuk membantu mengangkut hasil produksi maupun pupuk,’’ jelas Jhon Mainir saat ditemui di kantornya, Jumat (26/4/2024).

Jhon Mainir menambahkan, untuk pembangunan jalan usaha tani ini untuk areal persawahan dan areal perkebunan holtikultara. Tetapi yang saat ini diprioritas untuk membangun jalan usaha tani di areal persawahan.

’’Selain membangun jalan usaha tani, dinas juga mengadakan pengadaan mesin pertanian seperti traktor roda empat, handtraktor, ultivator dan mesin rice milling unit (RMU-mesin pengolah padi),’’ jelas Jhon Mainir.

Jhon Mainir berharap kepada para petani mari dirawat apa yang sudah jalan usaha tani yang suda dibangun atau bantuan alat pertanian. Karena saat ini, semuanya sudah terukur, karena itu kelompok tani atau calon kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan pembangunan jalan usaha tani dan alat pertanian  harus dilengkapi administrasinya.

’’Seperti proposal, naskah hibah daerah. Ini sudah menjadi asset bagi kelompok tani. Bantuan akan dikelola oleh kelompok tani,’’ jelas Jhon Mainir.

(*)

#dinas pertanian #jalan usaha tani