Lembaga Survei Indopol, Pasangan Yuyun- Edwin Tertinggi

Lembaga Survei Indopol, Pasangan Yuyun- Edwin Tertinggi

BANGKINANG – Lembaga Survei Indopol telah mengumumkan rilis hasil survei elektabilitas calon bupati dan wakil bupati Kampar, Kamis (3/10/2024).

Survei tersebut telah di ekspos melalui media sosial instagram @indopolsurvey.

Diterangkan bahwa survei dilakukan diseluruh kabupaten Kampar, menggunakan metode pengambilan sampel multistage random dengan jumlah 600 orang responden.

Responden tersebut adalah warga Kabupaten Kampar yang telah berusia 17 tahun atau yang memiliki hak pilih dalam pilkada serentak, untuk keterangan margin error sebesar +4,0% dengan selang kepercayaan sebesar 95%, dan survei tersebut dilakukan dengan wawancara tatap muka yang dilaksanakan dari tanggal 5 hingga 9 september 2024.

Dalam rilis survei Indoopol tersebut menyatakan elektabilitas Yuyun Edwin teratas dibandingkan pasangan calon yang lainnya.

Pasangan Yuyun Edwin memimpin dengan elektabilitas 28.33 persen. Disusul Repol Ardo 21.50 persen. Dibawahnya Rinto Pramono 11.33 persen, posisi terakhir Yuzar Misharti sebesar 6.33 persen.

Sementara untuk pemilih  yang memilih Tidak Tahu atau Tidak menjawab sebesar 32.50 persen.

Kemudian, berdasarkan hasil survei ini pertimbangan utama masyarakat Kampar dalam memilih pasangan calon bupati-wakil bupati adalah karena dekat dengan rakyat, sering turun (tatap muka) (33.83 persen), kemudian karena pasangan calon memiliki ide dan gagasan dalam membangun wilayah Kabupaten Kampar (22.0 persen), dan karena pasangan calon berpengalaman di pemerintahan atau pernah menjadi anggota dewan perwakilan rakyat/legislatif (5.67 persen) sementara pertimbangan lain dibawah 5 persen.

Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto kepada wartawan membenarkan hasil Survei yang telah dirilisnya, Ratno menyampaikan bahwa Survei dilakukan di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar.

“Kondisi politik pilkada Kampar bulan September masih dinamis. Masih ada 32.0 persen Masyarakat yang belum menentukan pilihannya (undecide voter). Ditambah lagi masih ada waktu sekitar 2 bulan masa kampanye, semua pasangan calon berkesempatan untuk menyampaikan visi dan misi yang terbaik, faktor ini juga akan merubah pilihan masyarakat nanti di hari H pencoblosan,” ungkap Ratno.

Kepada media, Ratno menyebut bahwa akhir bulan oktober ini, Indopol akan melakukan Survei kembali di Kampar.

(*)

#Kampar #Bupati #indopol #Yuyun edwin