Rampungkan Pembangunan Infrastruktur Kendaraan Listrik, PLN Operasikan SPKLU Pertama di Kuansing

Rampungkan Pembangunan Infrastruktur Kendaraan Listrik, PLN Operasikan SPKLU Pertama di Kuansing

TALUK KUANTAN - PT PLN (Persero) kembali menambah satu lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Provinsi Riau, tepatnya di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Taluk Kuantan, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Peresmian SPKLU pertama di Kabupaten Kuansing ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Kuansing dan General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau & Kepulauan Riau (UIDRKR) yang diwakili oleh Senior Manager Perencanaan Albert Sitompul pada Selasa (20/8).

Bupati Kuansing, Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., M.M menyampaikan apresiasi kepada PT PLN (Persero) atas upayanya dalam menyediakan pasokan listrik dan infrastruktur kendaraan listrik bagi masyarakat di Kuansing. 

“Terimakasih kepada PLN yang sudah menyediakan SPKLU di Kabupaten Kuansing. Untuk mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di tahap awal kami telah menyiapkan armada kendaraan listrik roda 2 yang diperuntukan bagi seluruh kepala desa yang ada di Kuansing. Kedepannya pemerintah daerah akan segera melakukan langkah penyediaan kendaraan listrik roda 4,” kata Suhardiman, (21/8/2024).

General Manager PLN UIDRKR, Tonny Bellamy dalam keterangannya mengatakan, Hadirnya SPKLU ini merupakan upaya PLN memudahkan pengguna kendaraan listrik dan mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di tanah air khususnya di Provinsi Riau.

"Terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Kuansing sehingga SPKLU Pertama dengan tipe _Fast Charging_ 50 kilo watt (kW) di Kuansing ini dapat kita wujudkan. Program ini bertujuan untuk menyediakan infrastruktur pengisian daya bagi kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya untuk mendukung transisi energi berkelanjutan dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Kedepan PLN akan terus memperbanyak unit SPKLU yang beroperasi di Provinsi Riau," ujar Tonny.

Tonny menambahkan, Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan dalam transportasi, SPKLU berkontribusi pada penguatan keamanan pasokan energi nasional secara khusus di Provinsi Riau.

"Secara keseluruhan, pengembangan SPKLU merupakan langkah penting dalam transisi ke sistem transportasi yang lebih bersih dan berkelanjutan. PLN berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam mengakselerasi Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Riau," tuturnya.

Secara keseluruhan PLN telah mengoperasikan 18 titik lokasi SPKLU yang berada tersebar di Riau dan Kepulauan Riau. Di ruas tol Pekanbaru-Dumai terdapat SPKLU direst area km 45, diruas tol Dumai–Pekanbaru direst area km 65, diruas tol Pekanbaru–Bangkinang di rest area km 36 A dan diruas tol Bankinang-Pekanbaru di rest area km 36 B.

Sedangkan diluar ruas tol, SPKLU telah tersedia di Kantor Gubernur Riau, Kantor PLN UID Riau & Kepulauan Riau, Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Kantor UP3 Dumai, Kantor UP3 Rengat, UP3 Tanjung Pinang, Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanjung Pinang, ULP Tanjung Uban, ULP Taluk Kuantan dan Di Kantor-kantor PLN ULP Dalam Kota di Pekanbaru.

#Riau #KUANTAN Sengingi #PT Pln Persero