Safari Gemarikan di Meranti, Kepala DKP Riau H Yurnalis Serahkan 409 Alat Penangkapan Ikan

Safari Gemarikan di Meranti, Kepala DKP Riau H Yurnalis Serahkan 409 Alat Penangkapan Ikan

MERANTI - Demi terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin di Asia Tenggara tahun 2025, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), menggelar kegiatan Safari atau Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), sekaligus penyerahan Alat Penangkapan Ikan, Unit Gombang dan Unit Jaring Gillnet, hari rabu (09/10/2024) halaman Kantor Desa Alahair, Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti. 

Acara tersebut langsung dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau H Yurnalis Basri SSos MSi dan rombongan, Pjs Bupati Kepulauan Meranti Roni Rakhmat, SSTP, MSi, dan para undangan lainnya. 

Dalam acara tersebut Yurnalis menyampaikan bahwasanya pada ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting saat ini, disamping ketahanan ekonomi, energi dan lainnya. Penyelenggaraan pangan ini bertujuan menyediakan pangan yang beranekaragam dan memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan gizi bagi konsumsi masyarakat, serta mewujudkan tingkat kecukupan pangan, terutama pangan pokok dengan harga yang wajar dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Untuk diketahui, ikan ini merupakan sumber makanan yang penting karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Salah satu kandungan dan keunggulan ikan adalah protein asam amino essential yang lengkap. Tidak hanya menyediakan protein dalam jumlah yang besar, akan tetapi ikan juga merupakan protein yang sangat baik bagi manusia, karena mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Kemudian ikan juga mengandung lemak yang kaya dengan omega 3.

Sebagai gambaran tingkat konsumsi ikan di provinsi Riau tahun 2023 sebesar 45,87 Kg/Kapita/Tahun, sedangkan angka konsumsi ikan tingkat nasional sebesar 61,02 Kg/Kapita/Tahun. Dimana data Angka Konsumsi Ikan (AKI) Provinsi Riau khususnya untuk kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2023 sebesar 53,95 Kg/Kapita/Tahun.

Melalui kegiatan pemberian makanan tambahan serba ikan ini, kita mengedukasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang dimulai sejak usia dini dan dimulai dari sekarang. Hal ini kita lakukan agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan dimasa yang akan datang. Untuk mendapatkan ikan tentu di tangkap dulu dengan alat tangkap ikan. 

Oleh karena itu pada hari ini kami menyerahkan bantuan sebanyak 409 unit alat penangkapan ikan bagi 5 kelompok nelayan di Kab. Kepulauan Meranti, yang terdiri dari 10 unit Gombang untuk 1 kelompok nelayan Kec. Tebing Tinggi Barat, dan 399 unit Jaring Gillnet untuk 4 kelompok nelayan di Kec. Rangsang Pesisir. 

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Riau kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat Nelayan. Bantuan ini juga sebagai wujud aksi nyata Pemerintah Daerah untuk meningkatkan produksi ikan demi menjamin tingkat konsumsi ikan lokal, sekaligus menjamin ketersediaan ikan. Sehingga turut menggerakkan ekonomi masyarakat kita. Kemudian dengan adanya bantuan ini, nelayan lokal dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam mengelola usaha Perikanan, harap Yurnalis. 

Usai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau H Yurnalis Basri SSos MSi memberikan kata sambutan dilanjutkan dengan kata sambutan dari dan Pjs Bupati Kepulauan Meranti Roni Rakhmat, SSTP, MSi. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan paket makanan tambahan serba ikan, dan alat penangkapan ikan. Acara tersebut berlangsung dengan sukses dan lancar serta disambut dengan antusias oleh masyarakat.

#Kampar #Riau #Meranti #Dinas kelautan dan perikanan Riau