SAU : Kepala Desa di Kampar Harus Jadi Lokomitif, Jangan Mau Jadi Gerbong

SAU : Kepala Desa di Kampar Harus Jadi Lokomitif, Jangan Mau Jadi Gerbong

TENGOKBERITA.COM, BANGKINANG - Said Aidil Usmam SE (SAU), Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten  Kampar mengajak agar kepala desa bisa menjadi lokomotif atau penggerak bagi pembangunan dan kemajuan di setiap desanya.

Hal ini disampaikannya saat ditemui awalk media Rabu sore (22/5/2024), hal tersebut merupakan upaya perangkat desa dalam menjawab tantangan dari pemerintah pusat, terkait perwujudan kemandirian desa yang lebih berinovasi.

"Pemberdayaan masyarakat desa, merupakan aspek penting dalam mendorong tumbuhnya masyarakat desa yang mandiri, inovatif, dan kreatif dalam segala aspek kehidupan. Tentunya peranan kades sangat berpengaruh dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa. Karena kades memiliki peran dalam membuat perencanaan desa, pengambilan keputusan serta agen perubahan dan lokomotif bagi para aparatur desa yang lain,” ujar pria yang akrab disapa SAU ini.

Para Kades di Kampar diharapkan dapat menjadi lokomotif/penggerak desanya masing-masing. Agar menjadi desa yang maju, mandiri. Menjadi desa berkembang.

Lebih lanjut SAU menerangkan, selain peningkatan ekonomi, fokus kedua dana desa yakni berupa pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

"Pendataan desa nantinya dapat untuk mengembangkan desa wisata, desa inklusi dan penguatan ketahanan pangan , pencegahan stunting serta adaptasi kebiasaan baru," sambungnya.

SAU yakin kalau setiap kepala desa bisa menjadi lokomotif atau penggerak, menggali setiap potensi yang ada di desa untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat akan bisa terwujud.

"Saya yakin jika Kepala Desa di Kampar mampu menjadi lokomotif, maka dengan sendirinya kemajuan serta kesejahteraan masayarakatnya akan meningkat pula," pungkasnya.

(*)

#Kampar #Kepala Desa #Lokomotif