Tingkatkan Pengamanan Data, Diskominfo Kampar Rakor Bersama Operator Persandian Kecamatan

Tingkatkan Pengamanan Data,  Diskominfo Kampar Rakor Bersama Operator Persandian Kecamatan

BANGKINANG  - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar menyelenggarakan rapat koordinasi Operator Persandian Kecamatan se-Kabupaten Kampar  di Aula Kantor Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar, Bangkinang, Kamis (3/10/2024).

Rapat tersebut Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Irwan Muhammad  didampingi Sekretaris  Irwan AR, Ketua Forum Operator Persandian Kabupaten Kampar Fakhrurozy, Camat Koto Kampar Hulu selaku pembina forum Persandian Kabupaten Kampar Ahmad Begab, Ketua Panitia Yuli Bonafius sekaligus sekretaris Forum Persandian Kabupaten Kampar dan dihadiri oleh Operator Persandian Kecamatan se-Kabupaten Kampar.

Plt Kepala Dinas Kominfo Irwan Muhammad  menjelaskan, operator persandian Kecamatan di Kabupaten Kampar merupakan perpanjangan tangan Dinas Kominfo Kabupaten Kampar dalam penguatan keamanan informasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Kampar. 

Irwan menyampaikan pentingnya peran operator persandian di tingkat kecamatan sebagai ujung tombak dalam menjaga keamanan data dan komunikasi pemerintahan.

 “Operator persandian kecamatan adalah kunci dalam memastikan keamanan informasi di tingkat lokal, terutama dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin meningkat,” kata Irwan.

Irwan mengatakan, selain itu operator persandian kecamatan diharapkan bersama-sama melakukan evaluasi mengenai akses jaringan di wilayah masing-masing. Beberapa kecamatan masih menghadapi masalah blindspot atau area yang tidak terjangkau jaringan internet memadai, yang menghambat komunikasi antar-OPD dan pelayanan publik. 

Irwan menekankan pentingnya pemetaan komprehensif untuk mengidentifikasi daerah yang masih terisolasi secara jaringan, agar dapat segera diatasi.

’’Dengan terselenggaranya rapat koordinasi ini, Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar berharap operator persandian kecamatan dapat berperan lebih efektif dalam menjaga keamanan informasi dan mendukung pemerataan akses jaringan di seluruh wilayah kabupaten,’’ harap Irwan. 

Irwan menambahkan, langkah ini juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan pelayanan publik yang berbasis digital dan aman di tingkat kecamatan.

(adv)

#Kampar #kecamatan #Diskominfo #operator