Zulia Rahman Hadi Didampingi Ricana Djayanti Hambali Kunjungi Posyandu Melati

Zulia Rahman Hadi Didampingi Ricana Djayanti Hambali Kunjungi Posyandu Melati

BANGKINANG - Pj Ketua TP PKK Provinsi Riau Zulia Rahman Hadi yang juga  Pj Ketua Pembina Posyandu  Provinsi Riau didampingi Pj Ketua Posyandu Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambal melakukan kunjungan kerja ke di Posyandu Melati Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Jumat (4/10/2024).

Pada kesempatan ini tampak Pj Gubernur Riau Rahman Hadi dan Pj Bupati Kampar Hambali ikut serta dalam kegiatan pembinaan ini. 

Pj Ketua Pembina Posyandu Provinsi Riau Zulia berharap posyandu ini terus bisa diaktifkan, agar dapat memenuhi kesehatan anak. Menurutnya posyandu itu bukan untuk para ibu-ibu saja melainkan untuk anak-anak dan Lansia tentunya.

"Posyandu ini bukan untuk kita saja, kita sudah habis masa atau sudah lewat waktu, tinggal bagaimana kita memenuhi kebutuhan hak asuh anak. Posyandu itu dikelolah oleh masyarakat dan untuk masyarakat," ujarnya.

Zulia mengajak kader-kader posyandu untuk lebih membuat posyandu lebih tampil ceria  agar lebih mudah melakukan ajakan terhadap anak untuk hidup sehat, agar anak-anak lebih betah saat datang ke posyandu. 

"Untuk para ibu-ibu agar lebih aktif dan kreatif dalam mengasuh anak-anaknya, jika tidak tahu tolong ibu tanyakan pada ahlinya, kapan dan apa saja boleh ibu tanyakan," jelas Zulia.

Zulia juga mengimbau kepada kader-kader posyandu dan pengurus TP-PKK Kabupaten Kampar, agar  selalu memajukan posyandu karena posyandu tidak hanya berperan sebagai pusat layanan kesehatan ibu dan anak, tetapi juga sebagai lembaga yang mendukung pembangunan masyarakat di tingkat desa.

Pj Gubri Rahman Hadi memberikan arahan agar semua pihak untuk dapat terus mendorong pengembangan posyandu agar mampu memberikan pelayanan dasar sesuai standar pelayanan minimal (SPM).

"Peran Posyandu sebagai Pos Pelayanan Terpadu untuk kepentingan masyarakat agar program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah dapat mencapai sasaran secara cepat," jelas Pj Gubri.

Rahman Hadi mengatakan untuk meningkatkan kinerja Posyandu salah satunya adalah adanya kemauan dari para kader Posyandu. Apabila masing-masing kader Posyandu memiliki kemauan untuk memperkuat Posyandu, maka geraknya akan lebih optimal. 

’’Apabila kadernya tak berniat menggerakkan, maka Posyandu tersebut tak akan memberikan manfaat yang berarti. Ketua Pembina Posyandu di masing-masing daerah harus menyadari peran strategis tersebut,’’ harap Rahman Hadi.

Pj Bupati Kampar Hambali menegaskan, Posyandu merupakan bagian penting dari Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) seperti organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). 

’’Salah satu peran penting Posyandu untuk memperkuat desa adalah menekan laju urbanisasi. Tak hanya mengurusi kesehatan, Posyandu juga berperan dalam melayani di bidang pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat,  ketenteraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat, dan sosial,’’ kelas Hambali.

Pada Kunjungan Kerjanya di sektor Pembinaan Posyandu ini, Pj Ketua Pembina Posyandu Provinsi Riau Zulia Rahman Hadi menyerahkan bantuan berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Posyandu Melati yang diterima secara simbolis oleh Kader Posyandu Dewi berupa telor, susu, gula dan kacang hijau. Berbagai bantuan juga diberikan kepada ibu hamil, balita, dan lansia.

(adv)

#Kampar #posyandu